Pengaruh Latihan Keseimbangan Terhadap Ketepatan Servis Dalam Permainan Sepak Takraw Siswa Putra Ekstrakurikuler Kelas VIII SMP Negeri 3 Praya Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Latihan Keseimbangan , Ketepatan Servis , Sepak TakrawAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh latihan keseimbangan terhadap ketepatan servis dalam permainan sepak takraw siswa putra klas VIII SMP Negeri 3 Praya tahun pelajaran 2022/2023. Rancangan yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah : “ Penelitian “Ex Post Facto” yaitu : suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang terjadi dan kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui faktor- faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Karena populasinya terbatas secara kuantitatif pada siswa klas VIII SMP Negeri 3 Praya Kabupaten Lombok Tengah yang berjumlah 15 orang, maka diambil seluruhnya menjadi studi populasi atau penelitian populasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes praktikum Dalam pengolahan data tersebut, penulis menggunakan rumus statistik, yaitu : “T-Test”. Dari hasil analisis data menunjukkan, bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau 3,75 > 2.14 berarti hipotesis alternatif (Ha) di Terima dan hipotesis nihil (Ho) diTolak. Dengan demikian “ada pengaruh latihan keseimbangan terhadap ketepatan servis dalam permainan sepak takraw siswa putra ekstra kurikuler klas VIII SMP Negeri 3 Praya tahun Pelajaran 2022/2023References
Akhadiah, Sabakti., dkk. (1993). Pembinaan kemampuan menulis bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.
Aulina, C.N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Pedagodia, 1(2), 131-143.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research. New York & London: Longman.
Fauziddin, Mohammad. (2014). Pembelajaran paud bermain, ceria, dan menyanyi secara alami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismail, Andang. (2009). Education games. Yogyakarta: Pro-U Media. Jannah, Raudatul., Warsiti & Suyanto, Imam. (2014). Penggunaan metode scramble dengan media scrabble untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II
SD. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 5(4).
Kamtini & Tanjung, H.W. (2005). Bermain melalui gerak & lagu di taman kanak-kanak.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kirkland, D., & O’Riordan, F. (2008). Games as an engaging teaching and learning technique: Learning or playing. In 1st Irish Conference on Engaging Pedagogies, Dublin, Ireland.
Kobzeva, N. (2015). Scrabble as a tool for engineering students’ critical thinking skills development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 182, 369-374.
Lampis, M., Mitsou, V., & Soltys, K. (2015). Scrabble is pspace-complete. Journal of Information Processing, 23(3), 284-292.
Nasir, N. (2017). Pengaruh metode sensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 37-41.
Neuman, S. B., Copple, C., & Bredekamp, S. (2004). Learning to read and write: Developmentally appropriate practices for young children. National Association for the Education of Young Children, 53(4): 30-46.
Rolina, Nelva. (2012). Alat permaian edukatif anak usia dini. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Siswanto, Igrea & Lestari, Sri. (2012). Panduan bagi guru dan orangtua pembelajaran atraktif dan 100 permainan kreatif untuk PAUD. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Soeparno. (1988). Media pengajaran bahasa. Klaten: Intan Pariwara. Soetjiningsih. (2002). Tumbuh kembang anak cetakan II. Jakarta: EGC.
Stack, M., & Kelly, D.M. (2006). Popular media, education, and resistance. Canadian Journal of Education/Revue canadienne de l'éducation, 29(1), 5-26.
Whisenand, T.G., & Dunphy, S.M. (2010). Accelerating student learning of technology terms: the crossword puzzle exercise, Journal of Information Systems Education. West Lafayette: Summer 2010. Vol. 21, Iss. 2; pg. 141, 8 pgs
Yualdi, Nadya., Sumekar, Ganda., & Tarmansyah. (2013). Efektivitas permainan scrabble dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan membaca. EJupekhu, 2(3).