Meningkatkan Prestasi Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Keywords:
Hasil Belajar , Passing Atas , Volley ball, 3 on 3 GameAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan 3 on 3 untuk meningkatkan hasil belajar passing atas permainan bola voli. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP sebanyak 40 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi siswa, angket, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas VIII SMP melalui mainan 3 on 3 dengan persentase total 81% yang tergolong tinggi pada klasifikasi persentase ketuntasan.
References
Arifin, S. (2017). Internalisasi Nilai Sportivitas Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Sosioreligi, 15(2), 20–29.
Darmadi, D. H., & PD, M. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Fadilah, M., & Wibowo, R. (2018). Kontribusi Ket- erampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampi- lan Bermain Small-Sided Handball Games. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 3(1), 60–68. Retrieved from
http://ejournal.upi.edu/ index.php/penjas/article/view/2018-04-07/pdf Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar
Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pem- belajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/https:// doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Indriyani, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Bola Voli Dengan Menggunakan Per- mainan “ 3 On 3 ” Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sukoharjo Wonosobo Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Universitas Negeri Semarang.
Kasiram, Moh. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers
Pambudi, P. S., & Pramudana, J. (2016). Penerapan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Ddalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Banyuwangi. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 98 – 110.https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ js_unpgri.v2i2.514
Pangestutik, S., H, M., & R.A., R. (2018). Psikodimen- sia: Kajian Ilmiah Psikologi. PSIKODIMENSIA (Vol. 16). Indonesia Soegijapranata Catholic Univer- sity. Retrieved from http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/976/792
Rithaudin, A., & Hartati, B. S. (2016). Upaya Mening- katkan Pembelajaran Passing Bawah Permainan BolaVoli Dengan Permainan Glagahombo I TempelSleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indo-nesia, 12(1), 51–57.
Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tour-nament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Ket-erampilan Bermain Bolavoli. JURNAL PENDIDI- KAN JASMANI DAN OLAHRAGA,
(2), 8–15. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/enjas/article/view/2216/3884
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukring. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam ). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 69–80.
Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Per- mainan Bolavoli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal PA- JAR (Pendidikan Dan Pembelajaran)