Strategi Peningkatan Kepatuhan Peserta Didik Dalam Pelaksanaan Praktik Klinik Melalui Optimalisasi Administrasi Pelayanan di RSUP Dr. Johannes Leimena

Authors

  • Dilly Ardiany Sukur Magister Administrasi Publik, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
  • Mohamad Arsad Rahawarin Magister Administrasi Publik, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
  • Hendry Selanno Magister Administrasi Publik, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v6i4.4539

Keywords:

Administrative Communication, Work Motivation, Service Quality

Abstract

This study aims to formulate strategies to improve students’ compliance during clinical practice through optimizing service administration at RSUP dr. Johannes Leimena, Ambon. A qualitative approach was applied using in-depth interviews, observation, and documentation, involving 17 respondents from hospital staff, academics, and health community representatives. The findings reveal that well-structured and transparent administration plays a crucial role in creating an orderly, efficient clinical environment that supports students’ professional character development. Factors contributing to low compliance include a lack of understanding of discipline, weak supervision, unclear administrative workflows, low motivation, and unpreparedness for complex clinical situations. Optimization strategies include implementing digital systems, providing clear SOP guidelines, and conducting administrative training before clinical rotations. These efforts are effective in fostering orderliness, discipline, and professional readiness among students. The study highlights the importance of collaboration between educational institutions and hospitals in developing modern, accountable, and sustainable administrative systems. The findings are expected to serve as a foundation for building a more effective and adaptive clinical learning model that prepares competent healthcare professionals to meet future challenges.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almahdali, H., & Sakir, A. R. (2024). Analysis of Public Service Quality at the Sirimau Sub-District Office in Ambon City. Perkembangan Kajian Sosial, 1(1), 47–62.

Amaliah, Y., & Sakir, A. R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Kantor Camat Lamuru Kabupaten Bone. Jurnal Relasi Publik, 1(3), 54–69.

Daulay, R. (2021). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pegawai Kantor Kec. Matraman Jakarta Timur). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.

Frinaldi, A., Saputra, B., Putri, N. E., Jumiati, J., Mubarak, A., Magriasti, L., Hasanah, F., & Distra, F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Motivasi Kerja Pegawai Pemerintah Daerah Terhadap Kepuasan Masyarakat Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal El-Riyasah, 13(2), 137–156.

Jelita, M. A., Prihatminingtyas, B., & Askiyanto, M. (2025). Pengaruh Pelayanan, Komunikasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan KTP Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Lassa, A., & Tiza, A. L. (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kefamenanu Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik, 6(1), 93–112.

Melowdies, J. D., & FoEh, J. E. H. J. (2024). Pengaruh Motivasi, Mutasi dan Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(3).

Mulki, R. D. I. M., Pratidina, G., Rahmadani, N. T., & Lestari, D. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Desa Sukakarya. Karimah Tauhid, 3(8), 8922–8938.

Ponto, I. S., Patty, J. T., & Sakir, A. R. (2024). Upaya Pencegahan Patologi Birokrasi Melalui Penerapan Good Government untuk Menciptakan Birokrasi yang Efisien. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 14(2), 112–124.

Pradana, A., & Sutisna, D. (2023). Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Kualitas Layanan: Studi Kasus pada Salah Satu Institusi Penegak Hukum di Wilayah Metropolitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(3), 240–250.

Prakoso, A., & Efendi, S. (2022). Pengaruh lingkungan kerja, kompetensi dan komunikasi terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada kinerja pegawai tahun 2021 pada kantor pusat produksi, inspeksi dan sertifikasi hasil perikanan Provinsi DKI Jakarta. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(7), 2709–2718.

Sakir, A. R., Yunus, R., & Syamsu, S. (2021). Budaya Birokrasi: Kinerja Pegawai Samsat Maros Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Administrasi Negara, 27(3), 293–316.

Surajiyo, S., Nasruddin, N., Fanira, N., & Paleni, H. (2021). Penggunaan Metode Structural Equation Modeling (SEM) Pada Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan serta dampaknya Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Insan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3).

Syamsuyar, F., Daulay, M. T., Saragih, A., Hadi, M., Malik, M. I., & Suprayitno, E. (2023). Pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Pegawai Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dikantor Camat Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 599–609.

Tarihoran, N. (2022). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Pegawai Di Puskesmas Sering Kecamatan Medan Tembung Provinsi Sumatera Utara. Universitas Medan Area.

Wicaksana, I. M. K. W., Larantika, A. A. A. D., & Wibawa, I. G. A. (2024). Pengaruh Kinerja Pegawai, Motivasi Kerja, Komunikasi dan Budaya Kerja terhadap Pelayanan Kepegawaian (Studi Kasus pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar). Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 9(2), 93–108.

Downloads

Published

2025-11-25

How to Cite

Sukur, D. A., Rahawarin, M. A., & Selanno, H. (2025). Strategi Peningkatan Kepatuhan Peserta Didik Dalam Pelaksanaan Praktik Klinik Melalui Optimalisasi Administrasi Pelayanan di RSUP Dr. Johannes Leimena. Jurnal Ilmiah Global Education, 6(4), 2584–2593. https://doi.org/10.55681/jige.v6i4.4539