THE EFFECT OF ASSURE LEARNING MODEL ASSISTED BY AUDIOVISUAL MEDIA ON SCIENTIFIC ATTITUDES AND SCIENCE LEARNING OUTCOME IN V CLASS STUDENTS’ GUGUS 1 MASBAGIK UTARA, EAST LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.26Keywords:
Science learning outcomes, Assure, Audio visual, Scientific attitudeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Assure Media Audiovisual terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Kecamatan Masbagik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan Single Factor Independent Groups Design. Populasi terdiri dari 201 siswa. Sampel penelitian adalah 65 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data tentang sikap ilmiah siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data hasil belajar sains siswa dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis menggunakan MANOVA dengan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, sikap ilmiah siswa dari The Effects of AssureLearning Model Audiovisual Media secara signifikan lebih baik daripada mereka yang bergabung dengan model pengajaran konvensional (F = 15.847; p <0,05); kedua, hasil belajar sains siswa The Effects of AssureLearning Model Audiovisual Media secara signifikan lebih baik daripada mereka yang bergabung dengan model pengajaran konvensional (F = 39,123; p <0,05) dan ketiga, secara bersamaan, sikap ilmiah dan hasil belajar sains dari siswa yang Pengaruh Model Pembelajaran Assure Media Audiovisual secara signifikan lebih baik daripada mereka yang bergabung dengan model pengajaran konvensional (F = 31,207; p <0,05).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.