Peran Orang Tua Dalam Membimbing Ibadah Shalat Pada Anak Usia 4-6 Tahun

Authors

  • Sry Anita Rachman Program Studi PG PAUD, Institut Pendidikan Nusantara Global, Indonesia
  • Mariatun Program Studi PG PAUD, Institut Pendidikan Nusantara Global, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3384

Keywords:

Peran orang tua, Ibadah Shalat, Anak Usia 4-6 tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peran orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak usia 4-6 tahun di Dusun Bodak Batu Menek. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpula data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) peran orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak yaitu: a. Orang tua mengajarkan anak dari mula bacaan shalat, menirukan gerakan shalat dan samapai menghapalkan bacaan-bacaan shalat yang sederhana. b. Orang tua membiasakan anak setelah pulang mengajari dari TPQ sesampai dirumah kembali mengevaluasi bacaan shalat dan gerakan shalat anak agara tidak cepat lupa dan supaya terbiasa c. Masing-masing orang tua membiasakan anak-anak mereka untuk melakukan shalat lima waktu sejak usia dini dan membatasi anak-anak mereka saat bermain. 2) Kendala dan solusi yang dihadapi orang tua dalam membimbing ibadah shalat anak yaitu: kendala dalam membimbing ibadah shalat anak yang terutama sebagai orang tua terlalu sibuk dalam melakukan pekerjaan rumah dan pekerjaan sawah, hingga terkadang lupa dalam mengajarkan anak tentang ibadah dan kadang anak juga terlalu sibuk bermain dengan teman-temannya hingga jarang belajar di rumah, tetapi ada juga solusi yang  saya lakukan ketika saya tidak ada untuk anak saya yaitu, menyempatkan diri untuk membimbing anak dalam pembelajaran ibadah walaupun waktuya sedikit.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faridayanti, F., Joni, J., & Permatasari, V. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Menanamkan Ibadah Shalat Pada Anak Usia Dini Di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Journal on Teacher Education, 2(1), 125-136.

Graha, C. (2013). Keberhasilan anak tergantung orang tua. Elex Media Komputindo.

Gudnanto, G. (2015). Peran Bimbingan Dan Konseling Islami Untuk Mencetak Generasi Emas Indonesia. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).

Hidayat, R. (2021). Tanggung Jawab Dan Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 141-152.

Ihsaniyah, I., & Mujtahidin, S. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK ANSHORUSSUNNAH BUNSALAK. JURNAL ASIMILASI PENDIDIKAN, 2(4), 157-163. https://doi.org/10.61924/jasmin.v2i4.45

Indarto, W. (2015). Peranan Keluarga Dalam Mempersiapkan Kemandirian Anak Untuk Menghadapi Masalah-Masalah Dalam Kehidupan. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 4(2).

Jarbi, M. (2021). Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais, 3(2), 128.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8-17.

Markus, A., Nayoan, H., & Sampe, S. (2018). Peranan Lembaga Adat dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Desa Salurang Kecamatan Tabukan Selatan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Muhibbin, M., Harjanty, R., Mariataun, M., & Rohani, R. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON HIJAIYAH DI TK AL FIKRI KOPANG LOMBOK TENGAH (NTB). INSANTA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(3), 114-122. https://doi.org/10.61924/insanta.v2i3.28

Novita, D. (2016). Peran Orangtua Dalammeningkatkanperkembangan Anakusia Dinididesa Air Pinangkecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).

Raintung, A., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Mobuya Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. Governance, 1(2).

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57.

Suharyanto, A. (2013). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2(1), 192-203.

Syahid, A., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Islam Pada Anak. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 120-132.

Syardiansah, S. (2019). Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa: Studi kasus mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57-68.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.

Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying sebagai upaya mewujudkan sekolah ramah anak di smp negeri 2 wates kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30-43.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Rachman, S. A., & Mariatun, M. (2024). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Ibadah Shalat Pada Anak Usia 4-6 Tahun . Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 1914–1920. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3384