WORKSHOP EDUKASI PEMBUATAN ROBOT LINE FOLLOWER MENGGUNAKAN METODE AKTIF EKSPERIMENTAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMAN 15 MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i3.636Keywords:
Robot, Siswa, EksperimenAbstract
Teknologi robotik saat ini telah banyak digunakan dihampir semua tempat seperti otomotif, industri, pendidikan, dan lain-lain. Perkembangan teknologi ini tentunya harus diiringi dengan peningkatan fasilitas di sekolah. Permasalahan yang muncul di lapangan adalah beberapa sekolah, khususnya di luar perkotaan yaitu minimnya ketersedian alat peraga. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 15 Muaro Jambi merupakan sekolah yang berlokasi di pondok meja. Belum maksimalnya pemberian materi dan contoh dalam bidang robotika yang diberikan kepada siswa, sehingga dilaksanakan workshop pembuatan robot line follower. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi siswa. Metode pendekatan yang digunakan yaitu ektif eksperimental. Setalah melakukan wokshop siswa menjadi lebih paham mengenai dasar-dasar robotik dan siswa juga dapat dan membuat robot line follower. Terbuatnya robot ini menunjukkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai robotik bertambah.
Downloads
References
A. Saefullah, D. Immaniar, and R. A. Juliansah, “Sistem Kontrol Robot Pemindah Barang Menggunakan Aplikasi Android Berbasis Arduino Uno,” CCIT (Creative Commun. Innov. Technol. J., vol. 8, no. 2, pp. 45–56, Jan. 2015, doi: 10.33050/CCIT.V8I2.314.
E. Fuady, Samratul; Sarif Hidayatullah, Sunan; Hais, Yosi Riduas; Samputra, “Perancangan Omni Vision Camera sebagai Sistem Pendeteksi Objek untuk Robot Sepak Bola,” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 4, no. 2, pp. 229–235, Jul. 2022, doi: 10.37905/JJEEE.V4I2.14495.
KOMINFO, “Kementerian Komunikasi dan Informatika,” Feb. 21, 2019. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16567/pentingnya-teknologi-robotik-diterapkan-di-dunia-pendidikan/0/sorotan_media (accessed Mar. 15, 2023).
K. A. Nugroho, M. C. D. Kurnianingtyas, and A. K. Pamosoaji, “Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower Dengan Scratch Dan Arduino Di Smp Putra Bangsa, Klaten,” Pros. Sendimas, vol. 0, no. 1, pp. 137–147, Oct. 2016, doi: 10.21460/SENDIMAS2016.2016.01.20.
Renzi Priyanita, “Dorong Motivasi Belajar Siswa dalam Masa Pandemi, Tim Pengabdian UNJA beri Pelatihan ‘STEM Robotic’ Kepada Siswa dan Guru SMP N 32 Muaro Jambi | GentaFKIP,” Nov. 01, 2021. https://genta.fkip.unja.ac.id/2021/11/01/dorong-motivasi-belajar-siswa-dalam-masa-pandemi-tim-pengabdian-unja-beri-pelatihan-stem-robotic-kepada-siswa-dan-guru-smp-n-32-muaro-jambi/ (accessed Mar. 15, 2023).
Y. Yolanda and W. Arini, “Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas,” J. CEMERLANG Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, Dec. 2018, doi: 10.31540/JPM.V1I1.74.
P. D. dan P. M. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, “Data Pokok SMAN 15 MUARO JAMBI - Pauddikdasmen.” https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/12A288D644C2ED8014EC (accessed Mar. 15, 2023).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.