PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU SMP

Authors

  • Maria Ermilinda Dua Lering IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Muhamad Syahrun IKIP Muhamamdiyah Maumere
  • Rikardus Nasa IKIP Muhamamdiyah Maumere
  • Rimasi IKIP Muhamamdiyah Maumere
  • Trisnawati Bura IKIP Muhamamdiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i3.615

Keywords:

Pelatihan, PTK, Guru

Abstract

kompetensi Guru yang dimaksud meliputi: (a) Kompetensi pedagogik, (b) Kompetensi kepribadian, (c) Kompetensi profesional, (d) Kompetensi sosial [2] Kompetensi profesional berkaitan dengan kemampuan Guru  untuk  menguasai pengetahuan  dari bidang  studi yang  diajarkan  secara  luas dan mendalam, serta kemampuan Guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya.         Peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam hal melakukan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam melakukan pelatihan adalah metode ceramah, dan tanya jawab. Alat yang digunakan dalam kegiatan tersebut berupa laptop, LCD, dan spiker. Pembawa materi dalam kegiatan ini sebanyak 5 orang dengan mitra peserta pelatihan adalah Guru sekolah menengah pertama Satu Atap Bloro yang ada di Desa Bloro Kecamatan Nita, Kab.Sikka sebanyak 25 orang. Waktu pelaksanaan dilakukan sebanyak tiga hari yang meliputi pemberian materi juga praktik penulisan penelitian tindakan kelas. Materi yang diberikan yaitu penulisan karya ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas baik teori ataupun praktik. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan pemahaman tentang PTK dan dapat dilakukan oleh Guru dengan konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yasa, A. D. (2018). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SDN SAMBIGEDE 03. Warta LPM, 21(2), 90-95.

Sholikah, S. (2017). Analisis undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Sebuah Kajian Kritis). Akademika, 11(01).

Kaleka, M. B. U., Doa, H., Ilyas, I., Ngapa, Y. S. D., Astro, R. B., & Ika, Y. E. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru MTs Negeri 3 Ende. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 342-347.

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 51-59.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Hamid, A., & Lukman, H. B. (2023). PELATIHAN PEMAHAMAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43-47.

Downloads

Published

2023-03-21