PERAN MEDIA DIGITAL TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA SMPN 1 PELALAWAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1611Keywords:
Media Digital, Semangat Belaja, Integrasi Teknologi, Pembelajaran Interaktif, SMPN 01 PelalawanAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak penggunaan media digital terhadap semangat belajar siswa/siswi di SMPN 01 Pelalawan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan siswa/siswi dan observasi lingkungan belajar. Hasil menunjukkan bahwa integrasi media digital dalam pembelajaran memang memberikan dorongan signifikan terhadap semangat belajar siswa/siswi di SMPN 01 Pelalawan, namun pada beberapa bagian seperti buku fisik dan pergi ke sekolah—pembelajaran tatap muka—tidak dapat digantikan begitu saja oleh peran digitalisasi. Media digital menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan gaya belajar siswa. Meskipun terdapat tantangan akses dan teknis, implikasi penelitian ini menekankan pada peran penting media digital dalam memotivasi dan meningkatkan partisipasi siswa/siswi dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Aziz, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. 1(2), 308-318.
Dina, P. A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Edukasinfo.com. (2021, Desember 23). Jenis-jenis Media Pembelajaran Berteknologi Digital. From Edukasinfo.com: https://www.edukasinfo.com/2021/12/jenis-jenis-media-pembelajaran.html
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK {Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. 2(1). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 15-27.
Julianto, I. R., & Nuryanti, A. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 25-30.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Terjemahan: Pasla Yosi Peter R. Jakarta: Erlangga.
Nazir, M. (2004). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sofyan, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Tematik di SDN 5 Riwang Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Umam, K. (2013). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 1(1), 100-105.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.