STRATEGI PENGUATAN LITERASI DI INDONESIA: PEMBELAJARAN DARI SISTEM LITERASI JEPANG

Authors

  • Jefriyanto Saud Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i16.3615

Keywords:

Literacy, Education, Japan, Indonesia, Technology

Abstract

This study of community services examines the literacy system in Japan and strategies that can be adapted to enhance literacy in Indonesia. The methodology includes literature reviews, observations in schools and libraries, and discussions with literacy communities. The findings indicate that literacy in Japan is supported by an integrated curriculum, educational policies, family involvement, and the utilization of digital technology. Strategies such as ondoku (reading aloud), Bibliobattle, and school-library collaboration have been proven to increase students' reading interest. In Indonesia, major challenges include low reading interest, limited access to reading materials, and a lack of literacy integration within the education system. Therefore, this study recommends implementing school-based literacy strategies, enhancing family engagement, and leveraging digital technology to expand reading access. Collaboration among the government, educational institutions, and literacy communities is expected to sustainably improve literacy in Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, ES. (2022). Belajar literasi lingkungan dari Jepang dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan pada masa pandemi COVID-19. Abdimas Siliwangi. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/7879

Agung, FCW. (2024). Pemantapan Literasi Digital oleh Pendidik dan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran. http://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/103

Almubaroq, IHZ. (2024). Jangan main-main dengan pendidikan atau akan lahir generasi mainan. Google Books. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=HDMHEQAAQBAJ

Azizah, N., & Hariyadi, A. (2022). Peran Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran Literasi di Era Revolusi 4.0 Menuju Masyarakat 5.0. Peran Bahasa dan Sastra Indonesia. https://conference.umk.ac.id/index.php/umkmahadewa/article/view/434

Dityasari, A., Kartika, I., Purwanto, J., & ... (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah. Seminar Nasional. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/2575/0

Evita, N., & Mukhaer, AA. (2022). Evaluasi komunikasi dan literasi digital warga Jakarta dalam implementasi society 5.0. Jurnal Riset Komunikasi. http://jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/view/541

Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2603

Fasya, NA., Wiranti, DA., & ... (2024). Efektivitas Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 5 SDN 2 Tahunan. Bimaberilmu. https://bimaberilmu.com/jurnal/index.php/jppi/article/view/667

Ginanjar, PY., Afrina, U., & ... (2023). Workshop Pembuatan Audiobook Cerita Rakugo dan Pingshu serta Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia untuk Teman Disabilitas. Jurnal Aplikasi Ipteks. https://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/35167

Hanifa, N., Rahmi, M., Fariq, WM., & ... (2024). Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Jepang: Sebuah Analisis Komparatif. Akademika: Jurnal. https://www.ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/akademika/article/view/782

Husamah, H. (2024). Literasi: Urgensi dan Peran dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/download/36191/15066

Ismaiyah, N., & Syafi'i, A. (2024). Analisis Bibilometrik Pendidikan Literasi Dasar Anak Usia Dini: Bukti Data Scopus. E-JURNAL AKSIOMA AL. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAA/article/view/1091

Judijanto, L., Setiawan, Z., Wiliyanti, V., Gunawan, PW., & ... (2024). Literasi Digital di Era Society 5.0: Panduan Cerdas Menghadapi Transformasi Digital. Google Books. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=bCAtEQAAQBAJ

Kamil, M., Lutfiansyach, DY., Suryadi, A., & ... (2023). Implementasi Pengelolaan Program Shimin Center di Jepang dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia. Comm-Edu. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/12694

Lestari, DE. (2024). Studi Komparasi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Jepang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1830

Malini, S., Dewi, DA., & Hayat, RS. (2023). Urgensi Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dalam Upaya Mencintai Tanah Air. Jurnal Multidisiplin Indonesia.

Maulida, Y. (2022). Mengimplementasikan Budaya Literasi dalam Dunia Pendidikan untuk Membangun Kualitas Anak Bangsa. OSF. https://osf.io/preprints/thesiscommons/2fqdz/

Mardiani, N., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar. Jurnal Ilmu. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/jipis/article/view/5946

Muhlisian, AA., Muhamad, AR., & ... (2023). Perbandingan Sikap Penumpang Kereta di Jepang dan di Indonesia. WIDAI Japanese. https://journal.widyatama.ac.id/index.php/WIDAI/article/view/1952

Nabila, LN., Utama, FP., Habibi, AA., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/113

Nugrahadi, DR., Nurhayati, S., & ... (2023). Pengenalan Mukashi Banashi Melalui Metode Storytelling terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas 5 SD Negeri Balok Kendal dengan Media Interaktif PowerPoint. Jurnal Bahasa Jepang. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/62041

Prihastuti, I. (2023). Fenomena Tachiyomi dalam Masyarakat Jepang. Repository UNJ. http://repository.unj.ac.id/42644/

Rahayu, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Digital: Studi pada Generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia. https://pdfs.semanticscholar.org/3a2f/adf3ac83afa06ad983814da6ac32b19888e2.pdf

Widiatmaka, P., & Kurniawan, ID. (2023). Peningkatan Civic Literasi dengan Memanfaatkan Literasi Digital melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pekommas. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/5126

Wasngadiredja, PF., Purwanto, B., & Wibowo, DP. (2024). Analisis Efektivitas Program POLITERA dalam Meningkatkan Literasi Siswa. Journal of Education. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1838

Downloads

Published

2024-12-24