BUDIDAYA SAYURAN SECARA HIDROPONIK DI PONDOK PESANTREN AL-JAMIL, PURWOKERTO, JAWA TENGAH

Authors

  • Ni Wayan Anik Leana Universitas Jenderal Soedirman
  • Eka Oktaviani Universitas Jenderal Soedirman
  • Purwanto Universitas Jenderal Soedirman
  • Prasmaji Sulistyanto Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1554

Keywords:

Hidroponik, Sayuran, Pondok Pesantren

Abstract

PP Al-Jamil salah satu pondok pesantren di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah memiliki santri lebih dari 100 orang. Jumlah santri yang tidak sedikit tentu membutuhkan sayuran sebagai konsumsi sehari-hari dalam jumlah yang mencukupi.  Selama ini hampir semua sayur yang dikonsumsi di PP Al Jamil diperoleh dengan membeli di pasar terdekat maupun dengan budidaya secara konvensional pada media tanah. Kendala yang sering dihadapi budidaya pada media tanah adalah pengolahan lahan yang membutuhkan tenaga khusus terlebih santri di PP Al-Jamil adalah santri putri. Hasil survey terhadap santri di PP Al Jamil pada bulan November 2020 menunjukkan bahwa mayoritas (96,2%) santri sudah pernah mendengar tentang istilah hidroponik. Namun, mereka belum pernah mempraktekkan budidaya hidroponik secara langsung. Sebanyak 86,5% peserta memberikan jawaban yang benar terkait pengertian dasar hidroponik, sedangkan sisanya menjawab tidak tahu dan belum benar. Menanggapi ketertarikan terhadap praktik budidaya hidroponik, hanya  4,8% santri yang tidak tertarik, 46,2% tertarik dan mungkin untuk tertarik sebesar 50%. Berdasarkan data ini pemecahan masalah yang ditempuh adalah dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan santi dalam budidaya sayuran secara hidroponik. Metode yang digunakan ceramah, diskusi, praktek langsung dan pendampingan penyemaian, peracikan nutrisi, perawatan dan pemanenan. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan santri secara berkelompok berhasil melakukan budidaya sayuran secara hidroponik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Y., 2020. Update Klaster Ponpes Banyumas, 328 Santri Positif Covid-19. https://rri.co.id/. Diakses tanggal 6 Desember 2020.

Leana N.W.A., Oktaviani E., Sulistyanto P., Ulinnuha Z. Optimalisasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik dan Budidaya Sayuran di PP Al-Jamil, PurwokertoJurnal Panrita Abdi, Januari 2022, Volume 6, Issue 1. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.

Masduki A.2017. Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit Di DusunRandubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Jurnal Pemberdayaan, 1(2): 185-192.

Mulasari, S.A., 2018. Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanaman Hdroponik Menggunakan Media Tanam) Bagi Masyarakat Sosrowidjaya Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan, 2 (3), 425-430.

Setiawan, N.,S. 2018. Otomasi Pencampur Nutrisi Hidroponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique) Berbasis Arduino Mega 2560, Teknik Informatika Unika St.Thomas (JTIUST), 03 (02), 78- 82.

Downloads

Published

2023-09-15