MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI SENI DAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT LOKAL DI DESA WAILEBE
DOI:
https://doi.org/10.55681/devote.v4i3.4593Keywords:
motivasi belajar, bahasa inggris, seni, edukasi, pengabdian masyarakatAbstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sangat penting dikuasai di era globalisasi, terutama seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi. Namun, motivasi belajar Bahasa Inggris di kalangan anak-anak dan remaja Desa Wailebe masih tergolong rendah, yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran konvensional, kesulitan dalam penulisan dan pengucapan, serta keterbatasan dukungan dari lingkungan sekitar. Menyikapi hal tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Inggris melalui pendekatan seni dan edukasi. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan peserta didik pada jenjang taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama. Program edukasi terdiri atas Fun English dan English Goes to School, sedangkan program seni berupa pementasan puisi, storytelling, modern dance, serta teater bertema climate change. Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan bakti sosial berupa pembersihan lingkungan dan doa bersama masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan adanya antusiasme dan partisipasi aktif peserta didik, baik dalam pembelajaran interaktif maupun dalam pementasan seni. Masyarakat juga memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini karena dinilai mampu menumbuhkan semangat belajar generasi muda sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan.
Downloads
References
Anggraeni, S. A., Afifah, N. L., & Cantika, M. Y. (–). Pentingnya peran motivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12742
Fitriani, S., & Ilyas, H. P. (–). Teknik pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan untuk taman kanak-kanak. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10129
Idham, K., & Supriyadi, S. (2019). Students instrumental motivation: An investigating toward English learning of students in Islamic Higher Education. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.3752
Julaeha, P. R., & Kurniawan, A. K. (2023). Pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris: Survey pada siswa kelas X SMK Swasta di Kecamatan Parungpanjang Bogor. Edumulya: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.59166/edumulya.v1i1.45
Martina, F., Akbarjono, A., & Noprianti, S. (–). The influence of storytelling on EFL students motivation in speaking practice in SMPN 03 Bengkulu Tengah. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i4.128
Muslim, A. B., Hamied, F. A., & Sukyadi, D. (2023). Integrative and instrumental but low investment: The English learning motivation of Indonesian senior high school students. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(3). https://doi.org/10.17509/ijal.v9i3.23199
Nevia, Y. I. (2024). Students’ motivation in learning English by using content language integrated learning (CLIL) approach in Management class Economic Faculty at Muhammadiyah University. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta, 3(2), 189–199. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.129
Nurrohmah, I. (–). Sikap, kecerdasan emosional, dan motivasi membaca dengan hasil belajar Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.22236/jppp.v2i2.1279
Susanti, S. A., Setiawan, D., Jannah, I., Sulistyawati, H., & Hindriati, H. (–). Pemanfaatan Bamboozle untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris di kelas XI SMKN 2 Surakarta. Journal Sains Student Research. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1716
Syafrizal, S. (2020). The impacts of integrative and instrumental motivation for Indonesian learners. Lingua Pedagogia, 1(2), 64–76. https://doi.org/10.21831/lingped.v1i2.18541
Wisnuwardhani, S. I. (–). Influence of instrumental motivation and integrative motivation on English learning outcomes. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research. https://doi.org/10.46336/ijeer.v2i1.235
Zihni, K., Rianti, W., & Masrul, M. (–). An analysis on students motivation in speaking English at SMP Negeri 3 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10585
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fransiska Jone Mare, Bartoldus Sora Leba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.