MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI SENI DAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT LOKAL DI DESA WAILEBE

Authors

  • Fransiska Jone Mare Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Bartoldus Sora Leba Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.55681/devote.v4i3.4593

Keywords:

motivasi belajar, bahasa inggris, seni, edukasi, pengabdian masyarakat

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sangat penting dikuasai di era globalisasi, terutama seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi. Namun, motivasi belajar Bahasa Inggris di kalangan anak-anak dan remaja Desa Wailebe masih tergolong rendah, yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran konvensional, kesulitan dalam penulisan dan pengucapan, serta keterbatasan dukungan dari lingkungan sekitar. Menyikapi hal tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Inggris melalui pendekatan seni dan edukasi. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan peserta didik pada jenjang taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama. Program edukasi terdiri atas Fun English dan English Goes to School, sedangkan program seni berupa pementasan puisi, storytelling, modern dance, serta teater bertema climate change. Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan bakti sosial berupa pembersihan lingkungan dan doa bersama masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan adanya antusiasme dan partisipasi aktif peserta didik, baik dalam pembelajaran interaktif maupun dalam pementasan seni. Masyarakat juga memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini karena dinilai mampu menumbuhkan semangat belajar generasi muda sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, S. A., Afifah, N. L., & Cantika, M. Y. (–). Pentingnya peran motivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12742

Fitriani, S., & Ilyas, H. P. (–). Teknik pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan untuk taman kanak-kanak. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10129

Idham, K., & Supriyadi, S. (2019). Students instrumental motivation: An investigating toward English learning of students in Islamic Higher Education. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.3752

Julaeha, P. R., & Kurniawan, A. K. (2023). Pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris: Survey pada siswa kelas X SMK Swasta di Kecamatan Parungpanjang Bogor. Edumulya: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.59166/edumulya.v1i1.45

Martina, F., Akbarjono, A., & Noprianti, S. (–). The influence of storytelling on EFL students motivation in speaking practice in SMPN 03 Bengkulu Tengah. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i4.128

Muslim, A. B., Hamied, F. A., & Sukyadi, D. (2023). Integrative and instrumental but low investment: The English learning motivation of Indonesian senior high school students. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(3). https://doi.org/10.17509/ijal.v9i3.23199

Nevia, Y. I. (2024). Students’ motivation in learning English by using content language integrated learning (CLIL) approach in Management class Economic Faculty at Muhammadiyah University. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta, 3(2), 189–199. https://doi.org/10.47134/trilogi.v3i2.129

Nurrohmah, I. (–). Sikap, kecerdasan emosional, dan motivasi membaca dengan hasil belajar Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.22236/jppp.v2i2.1279

Susanti, S. A., Setiawan, D., Jannah, I., Sulistyawati, H., & Hindriati, H. (–). Pemanfaatan Bamboozle untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris di kelas XI SMKN 2 Surakarta. Journal Sains Student Research. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1716

Syafrizal, S. (2020). The impacts of integrative and instrumental motivation for Indonesian learners. Lingua Pedagogia, 1(2), 64–76. https://doi.org/10.21831/lingped.v1i2.18541

Wisnuwardhani, S. I. (–). Influence of instrumental motivation and integrative motivation on English learning outcomes. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research. https://doi.org/10.46336/ijeer.v2i1.235

Zihni, K., Rianti, W., & Masrul, M. (–). An analysis on students motivation in speaking English at SMP Negeri 3 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10585

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Mare, F. J., & Leba, B. S. (2025). MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI SENI DAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT LOKAL DI DESA WAILEBE. Devote: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 4(3), 403–417. https://doi.org/10.55681/devote.v4i3.4593