IMPLEMENTASI TATA KELOLA KEUANGAN DAN SOSIAL MEDIA MARKETING PADA SEKTOR USAHA JASA MAKE UP ARTIST (MUA) HIMPUNAN AHLI RIAS PENGANTIN INDONESIA (HARPI) MELATI DI WILAYAH KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT
DOI:
https://doi.org/10.55681/devote.v4i3.4492Keywords:
Financial Management, Financial Literacy, Social Media Marketing, Make Up Artist, MSMEs, HARPIAbstract
This community service program aims to enhance financial management skills and the utilization of social media marketing among Make Up Artist (MUA) entrepreneurs who are members of the Indonesian Bridal Makeup Artist Association (HARPI) Melati in Karangpawitan District, Garut Regency. The main issues faced by the partners include low financial literacy, mixing of personal and business finances, lack of proper financial reporting, and suboptimal marketing strategies through social media. The program was implemented through initial coordination with local authorities, socialization, lectures, workshops, bookkeeping training, social media marketing strategies, interactive discussions, and evaluations. The results indicate an improvement in participants’ ability to prepare simple financial statements, develop budget plans, and leverage social media to enhance business competitiveness. This activity is expected to support the growth of MUA businesses, increase income, and contribute to reducing unemployment rates in the area.
Downloads
References
Anggraeni, W. A., Ningsih, W., Romdhon, M., & Wahyuningsih, W. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan dana desa di Kabupaten Garut. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 10579–10587.
Anwar, M. (2019). Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan. Jakarta: Kencana.
Dewi, E. S., Ungkari, M. D., & Suparman, U. (2023). Analisis realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Garut. Jurnal Wahana Akuntansi: Sarana Informasi Ekonomi dan Akuntansi, 8(1), 20–33.
Hadi, A. S., Probosawitro, B. A. M., Nathaniel, F., Shelly, G., Purba, I. A., Anggie, M., … & lainnya. (2023). Pendampingan peningkatan manajemen bisnis Make Up Artist (MUA) yaitu Aquarel Makeup di Kabupaten Kuningan dalam program community development. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 113–125.
Hanifah, H. S., Anggraeni, W. A., & Purnawan, R. A. (2024). Implementasi modal sosial dan tata kelola desa wisata terhadap peningkatan pendapatan masyarakat Kabupaten Garut. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 10(2), 222–240.
Hartina, G., Goso, G., & Palatte, M. H. (2023). Analisis dampak literasi keuangan dan tata kelola keuangan terhadap kinerja keuangan UMKM. SEIKO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 6(1), 644–651.
Hasibuan, N. A., Tanjung, A. I., Panggabean, S. A., & Daulay, F. (2023). Pelatihan class Make Up Art bagi masyarakat Desa Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. COVIT: Community Service Tambusai, 3(2), 110–119.
Kadin Indonesia. (2024). UMKM Indonesia: Data dan statistik. Retrieved from https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
Kusumawati, E. D., & Putri, E. (2023). Pengelolaan keuangan UMKM ditinjau dari literasi keuangan, persepsi keuangan dan sikap keuangan. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 185–199.
Leviana, T. (2019). Pengaruh social media marketing terhadap willingness to pay premium price melalui brand equity pada konsumen Estee Lauder. Agora, 7(1).
Mileva, D. N. (2019). Pengaruh social media marketing dan persepsi kualitas terhadap niat beli Surabaya Snowcake. Jurnal Ilmu Manajemen, 7, 448.
Mufida, L. L. A., & Nasir, M. S. (2023). Analisis dinamis tingkat pengangguran di Indonesia. Jurnal Macroeconomics and Social, 1(1), 1–14.
Muis, M. A., Supartono, S., & BR, K. S. (2023). Pengaruh digital marketing dan inovasi produk Apple pada masa pandemi Covid-19 terhadap keputusan pembelian di PT Erajaya Swasembada Tbk. SEIKO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 6(2), 363–368.* https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/5244
Mustika, I. W. W., & Maulidah, S. B. J. (2023). Analisis penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran pada usaha kecil menengah. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 7–12.
Nasrullah, R. (2018). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Pradinang, W., Hutagaol, S. R., Aulia, G., & Kristanto, H. (2022). Pengelolaan permintaan dan kapasitas produksi pada UMKM sektor jasa MUA Meniq di Kota Batam. Prax: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 261–263.
Pudjiastuti, H. (2012). Dasar-dasar manajemen keuangan (6th ed.). Yogyakarta: UPP STIM YPKN.
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Pariwisata Digital, 1(1), 76–83.
Saputra, D. H., dkk. (2020). Digital marketing: Komunikasi bisnis menjadi lebih mudah. Bandung: Yayasan Kita Menulis.
Tutik, T. (2022). MUA sebagai tren karir anak muda dalam mengurangi pengangguran di Kecamatan Belik. Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 244–247.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11–26.
Yusmira, E. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi minat berwirausaha (studi kasus mahasiswa yang memiliki usaha pada program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar) (Doctoral dissertation). Universitas Negeri Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siska Marlina, Irma Rosmayati, Marissa Marissa, Asep Saefuloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.