DISEMINASI ALAT BANTU VISUALISASI BERBENTUK AKRILIK FRAME PADA PRODUK KAIN BATIK DI DESA KEBON INDAH BAYAT KLATEN JAWA TENGAH

Authors

  • Muchammad Sugarindra Universitas Islam Indonesia
  • Muafi Muafi Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/devote.v4i2.3879

Keywords:

Media marketing, Visualisasi, Motif Kain Batik, Minat beli

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk (1) memperkenalkan dan mensosialisasikan alat visualisasi produk kepada kelompok pengrajin, (2) memberikan pelatihan teknis penggunaan alat tersebut, serta (3) mendorong adopsi alat visualisasi sebagai bagian dari strategi promosi produk batik lokal. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi dan demonstrasi. Kegiatan diikuti oleh 35 ibu-ibu pengrajin batik Desa Kebon. Kegiatan berlangsung lancar, efektif, dan mendapatkan respons positif dari peserta. Kombinasi antara penyampaian informasi dan praktik langsung terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta tidak hanya tentang pentingnya visualisasi, tetapi juga keterampilan teknis untuk menerapkannya secara mandiri. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang strategis dalam membekali para pengrajin dengan inovasi pemasaran yang relevan dan berkelanjutan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis pengrajin, tetapi juga mendorong inovasi kreatif melalui pembuatan motif batik kombinasi yang diaplikasikan pada media visual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. Z., & Ningsih, D. R. (2021). Strategi Visualisasi Produk dalam Meningkatkan Nilai Jual Batik pada Era Digitalisasi UMKM. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 133–140.

Desakebon (2011). Desa Penghasil Batik Tulis Ramah Lingkungan. http://desakebon.blogspot.co.id/2011/03/desa-kebon-penghasil-batik-ramah.html, (diakses April 2025).

Diharto, A.K., Muafi, Resmi, S., Siswanti, Y., Retnaningdiah, D., Ghofar, A., & Kusumawati, R. A. (2018). The role of women empowerment and Organizational agility toward the Resilience of disaster-affected batik small medium enterprises: an effort to overcome technology disruptive, International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET) Volume 9, Issue 4, April, pp. 136–144.

Handayani, P. W., & Maulidina, M. (2022). Pengaruh Visual Marketing Terhadap Perilaku Konsumen di Marketplace. Jurnal Pemasaran Digital dan Bisnis Kreatif, 5(1), 52–60.

Hu, X., Au, N., & Xia, R. (2025). The impact of mobile augmented reality on the purchase intention of intangible cultural heritage handicrafts. Journal of China Tourism Research, 21(1), 156-190.

Indarmaji, (1983), Seni Kerajinan Batik, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kim, S., Park, H., & Lim, R. E. (2025). Unveiling product imagination and decision comfort through personalized virtual try-on: The moderating role of spatial processing perception. Journal of Research in Interactive Marketing, 19(3), 387-407.

Nasr, I. B., Abaidi, I., & Thomas, L. (2024). Home sweet smart home: Enhancing consumer valuation and purchase intention of smart home technologies (SHTs) for societal value. Information Systems Frontiers, 26(6), 1997-2025.

Park, J. (2002). The effect of product presentation on mood, perceived risk, and apparel purchase intention in Internet apparel shopping (Doctoral dissertation, The Ohio State University).

Rahmawati, L. (2021). Pengaruh Visualisasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion Online. Jurnal Pemasaran dan Komunikasi, 5(2), 134-142.

Ridwan, A., Fithri, D. L., Susanti, D. A., Winarso, R., Gunawan, B., Mulyati, S., & Nugraha, F. (2024). Pelatihan Visualisasi Produk untuk Digital Marketing Pada UKM Batik Bakaran Kabupaten Pati. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(3), 277-284.

Setiawan, R., & Nurhayati, T. (2022). Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM Batik: Studi Kasus di Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi, 3(1), 45-58.

Song, Z., Liu, C., & Shi, R. (2022). How do fresh live broadcast impact consumers’ purchase intention? Based on the SOR Theory. Sustainability, 14(21), 14382.

Suryandari, R. (2020). Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Batik Melalui Inovasi Teknologi Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 77-85.

Utami, N. D., & Lestari, R. (2021). Efektivitas Metode Edukasi Visual dalam Peningkatan Kapasitas Pemasaran UMKM Berbasis Kreativitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri, 5(2), 118–125.

Wibowo, A., & Saputro, B. (2020). Peningkatan Daya Saing Produk Batik Melalui Inovasi Display Visual Pada Pemasaran Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 4(3), 201–208.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Sugarindra, M., & Muafi, M. (2025). DISEMINASI ALAT BANTU VISUALISASI BERBENTUK AKRILIK FRAME PADA PRODUK KAIN BATIK DI DESA KEBON INDAH BAYAT KLATEN JAWA TENGAH. Devote : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 4(2), 101–108. https://doi.org/10.55681/devote.v4i2.3879