PENGARUH PRENATAL MASSAGE TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PMB AZ-ZAHRA DESA ALASTLOGO KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Sinta Lailatul Na’ifah 1Institut Teknologi Sains Dan Kesehatan RS Dr. Soepraoen Kesdam V
  • Rifzul Maulina Institut Teknologi Sains Dan Kesehatan RS Dr. Soepraoen Kesdam V
  • Anik Purwati Institut Teknologi Sains Dan Kesehatan RS Dr. Soepraoen Kesdam V

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2784

Keywords:

Kehamilan, Kualitas Tidur Dan Prenatal Massage

Abstract

Kualitas tidur pada ibu hamil merupakan hal yang penting bagi Kesehatan ibu dan janin. Kualitas tidur pada ibu hamil trimester III seringkali menurun karena bertambahnya berat badan janin, sesak nafas, pergerakan janin yang semakin aktif dan nyeri punggung. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu perlakuan seperti prenatal massage yang dapat meningkatkan efek relaksasi pada ibu hamil. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian prenatal massage terhadap kualitas tidur pada ibu hamil trimester III. Desain penelitian ini menggunakan pre eksprerimen dengan rancangan one grup pretest-postest design. Sampel yang digunakan  pada penelitian ini berjumlah 14 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuesioner, uji analisis data uji Willcoxon. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar mengalami perubahan kualitas tidur sebanyak 9 responden (64,3%) dan yang tidak mengalami peningkatan kualitas tidur sebanyak 5 responden (35,7%). Hasil uji statistik didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,005 (p<0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh prenatal massage terhadap kualitas tidur pada ibu hamil trimester III di PMB Az-zahra Desa Alastlogo Kabupaten Pasuruan. Diharapkan ibu hamil trimester III dapat melakukan prenatal massage dengan teratur karena dapat menimbulkan hormon endorphin yang memberikan rasa nyaman dan rileks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azriani, Devi. 2019. Modul Panduan Prenatal Massage (Pijat Hamil). Poltekkes Kemenkes Jakarta I.

Bambang BR Priyonoadi. (2004). Keterampilan Dasar Massage, Yogyakarta: Nuha Medika.

Field, T. Et al. 2007. Prenatal Depression Effects and Interventions : a review. ICM Infant behavior and Development, 33 (4) , 409-418.

Kebutuhan Tidur Ibu Hamil http://mommyasia.id. Diakses pada tanggal 25 Juli2018.

keperawatan serta kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Kusmiyati, Nurul dkk. 2015. Buku Ajar Kehamilan : untuk mahasiswa dan praktisi.

National Sleep Foundation. 2013. Pregnancy and Sleep. Available at: https://sleepfoundation.org/sleep topics/pregnancy-and-sleep.

Notoatmojo, 2012. Metodologi Penelitan Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, P.A, Perry A.G. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, prosesdan praktik. Edisi 4. Volume 2. Alih Bahasa: Renata Komalasari, dkk. Jakarta: EGC.

Rafknowledge. 2014. Insomnia dan Gangguan Tidur Lainnya. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo.

Resmaniasih, Ketut. 2018. Pengaruh Pijat Hamil Terhadap Perubahan Kualitas Tidur Ibu Hami; Trimester III. JIK. Vol. II.

Rufaida, dkk. 2020. Pregnancy Massage dengan Pola Tidur Ibu Hamil TrimesterIII di Desa Gebangmalag Kecamaan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto.

Senditya dan Nicky. 2020. Spa Treatment untuk Prenatal dan PostNatal. TIM.

Smeltzer, C.S & Bare, G.B. 2013. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddart. Ed 8. Jakarta :EGC.

Trullyen. 2007. Asuhan Kebidanan Kehamilan, Jakarta:EGC.

Walyani e. s. (2017). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta; pustaka baru.

Wulandari, S. & Palifiana, D. A., & 2018. Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur Ibu Hamil Trimester III Di Klinik Pratama Asih Waluyo Jati. Jurnal Kebidanan Indonesia, 9(2).

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Na’ifah, S. L., Maulina, R., & Purwati, A. (2024). PENGARUH PRENATAL MASSAGE TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PMB AZ-ZAHRA DESA ALASTLOGO KABUPATEN PASURUAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2413–2421. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2784