PENGARUH PEMBERIAN BUBUR KACANG HIJAU TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA PUTRI ANEMIA DI SMP KH HASAN ARIF BANYURESMI GARUT TAHUN 2023

Authors

  • Laras Gusniawati Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan Universitas Indonesia Maju
  • Aprilya Nency Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan Universitas Indonesia Maju
  • Hidayani Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2745

Keywords:

Anemia, Bubur Kacang Hijau, Kadar Hb

Abstract

Kabupaten Garut tahun 2021 kejadian anmeia pada remaja putri mencapai 856 remaja. SMP KH Hasan Arif Banyuresmi Garut merupakan salah satu sekolah yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Sukasenang dimana pada tahun 2022 didapatkan 47,6% siswa putri. Anemia terjadi karena penurunan jumlah erosit atau kadar hemoglobin dalam darah. Kacang hijau mengandung zat besi yang berfungsi membantu dalam melakukan sirkulasi oksigen darah. Mengkonsumsi 2 gelas kacang hijau setiap hari setara dengan mengkonsumsi 50% kebutuhan zat besi setiap hari yaitu 18 mg/hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian bubur kacang hijau terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada remaja putri anemia. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan pretest posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri di SMP KH Hasan Arif Banyuresmi Kabupaten Garut sebanyak 78 orang. Jumlah sampel yang digunakan penelitian ini yaitu sebanyak 30 orang remaja putri. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Paired T-test. Rata-rata kadar hemoglobin pada remaja putri sebelum diberikan bubur kacang hijau sebesar 10,760 gr/dL dan sesudah diberikan bubur kacang hijau sebesar 12,180 gr/dL. Hasil bivariat menunjukkan p-value sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh pemberian bubur kacang hijau terhadap peningkatan kadar Hb remaja putri yang mengalami anemia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu remaja dalam meningkatkan kadar hemoglobin secara mandiri dengan mengkonsumsi bubur kacang hijau apabila mengalami anemia sekaligus mencegah terjadinya anemia dengan mengkonsumsi pada saat menstruasi..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fady, Moh. Faisol, 2015, Madu dan Luka Diabetik, Gosyen Publishing, Yogyakarta.

Amalia A. dan Tjiptaningrum A. 2016, ‘Diagnosis dan Tatalaksana Anemia Defisiensi Besi’, MAJORITY, vol.5, no.5

Anggraeni, A.C., (2014), Asuhan Gizi Nutritional Care Process, Graha Media, Yogyakarta.

Anggraeni, AC., 2014, Asuhan Gizi Nutritional Care Process, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Dinkes Garut, (2021), Profil Kesehatan Kabupaten Garut tahun 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Garut.

Dinkes Garut, 2021. Profil Kesehatan Kabupaten Garut Tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Garut.

Dinkes Jabar, (2019), Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2018, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Fatimah, S., Hadju, V., Bahar, B., dan Abdullah, Z. 2011. Pola Konsumsi dan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Makara Kesehatan: 15 (1).

Heltty., Sitorus R., dan Hastono. 2018. Pengaruh Jus Kacang Hijau terhadap Kadar Hemoglobin dan Jumlah Sel Darah dalam Konteks Asuhan Keperawatan Pasien Kanker dengan Kemoterapi. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Indonesia.

Ikhmawati, Y., Sarbini, D., dan Dyah, S. 2013. Hubungan antara Pengetahuan tentang Anemia dan Kebiasaan Makan terhadap Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri di Asrama SMA MTA Surakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Univeristas Muhammadiyah Surakarta.

Indriyani, R. et al., 2020, Pengaruh Konsumsi Sari Buah Jambu Merah dan Madu terhadap Kenaikan Nilai HB pada Ibu Hamil di Tempat Praktek Mandiri Bidan Muarofah Surabaya, WIRARAJA MEDIKA, 10(1).

Kemenkes R.I., (2018), Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kemenkes R.I., (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2020, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013, Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013.

Kuswarini dan Fitria, ID., 2012, Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Angka Kejadian Anemia Gizi Besi pada Mahasiswa STIKES AL Qodiri Jember. Program Pascasarjana. Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Liow, FM., Kapantow, NH., dan Malonda, N. 2012. Hubungan antara Status Sosial Ekonomi dengan Anemia pada Ibu Hamil di Desa Sapa Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Megawati, Megawati and Jasmawati, Jasmawati and Setiadi, Rizky (2020) Pengaruh Pemberian Jus Jambu Biji Merah Dan Kurma Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Praktik Mandiri Bidan Indrawaty Tahun 2020. Skripsi STr Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kaltim.

Nindita, (2017), Gambaran Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Berdasarkan Imt Di Puskesmas Pakem Kabupaten Sleman. Skripsi. STIKes Jendral Achmad Yani, Yogyakarta.

Notoatmodjo, S., 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Nur Islamiyah, 2017, Pengaruh Madu Terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri Kelas X Yang Mengalami Anemia Di SMKN 01 Mempawah Hilir, Naskah Publikasi, FK, Univesitas Tanjungpura.

Paputungan, SR., Kapantow, NH., dan Rattu, AJM., 2016, Hubungan antara Asupan Zat Besi dan Protein dengan Kejadian Anemia pada Siswi Kelas VIII dan IX di SMP N 8 Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi. UNSRAT. 5 (1).

Pratiwi, E. 2014, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anemia pada Siswi Mts Ciwandan. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Proverawati dan Rahmawati, 2012, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Nuha Medika, Yogyakarta.

Proverawati, 2011. Anemia Dan Anemia Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Proverawati, A dan Wati, EK., 2011, Ilmu Gizi untuk Perawat dan Gizi Kesehatan, Yulia Medika, Yogyakarta.

Purwanto, DS. 2012. Peran Hepsidin sebagai Regulator Metabolisme Besi. Jurnal Biomedik. 4 (2).

Purwono, R. 2012. Kacang Hijau. Jakarta: Penebar Swadaya

Puskesmas Padaawas, 2020, Laporan Kesehatan Puskesmas Padaawas, Pusat Kesehatan Masyarakat Pasirwangi, Garut.

Putri, Retno Desita dkk 2017, ‘Pengetahuan Gizi, Pola Makan, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah dengan Kejadian Anemia Remaja Putri’, Jurnal Kesehatan, vol.8, no.3.

Rahayuda, IGM dan Herawati, S. 2014. Serum Methylmalonic Acid dan Homocystein dalam Mendiagnosis Anemia Megablastik Akibat Defisiensi Kobalamin dan Folat pada Travel Medicine. ejournal Medika. 3 (7)

Rahman, T., dan Triyono, A. 2011. Pemanfaatan Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L) menjadi Susu Kental Manis Kacang Hiaju. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pkm Sains, Teknologi, dan Kesehatan. 2 (1)

Rahmi, R., Restuastuti, T., dan Ernalia, Y. 2015. Kecukupan Asupan Protein dan Asupan Vitamin B12 pada Anak Vegetarian di Sekolah Dasar Metta Maitreya. JOM FK. 2 (2)

Respati & Reniarti, 2015. Anemia Defisiensi Besi, Buku Ajar, Jakarta.

Ridwan, (2018), Konsumsi Buah Kurma Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri, Jurnal Kesehatan, Vo. 8(2).

Rositawaty, S., 2009, Sehat dengan Kacang Hijau, Cipta Praya, Bandung.

Sakri FM, 2015, Madu dan khasiatnya: Suplemen sehat tanpa efek samping, Diandra Pustaka Indonesia, Yogyakarta.

Sastroasmoro, S. dan Ismail, S., 2014, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis, CV Agung Seto, Jakarta.

Sembiring, IR., 2014, Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia dengan Pola Makan untuk Pencegahan Anemia di SMA Swasta Bina Bersaudara Medan Tahun 2014, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.

Sugianto, M. Fauzan, A. Setyani, and P. Mutiara, 2013, “Riset Kesehatan Dasar Dalam Rangka Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013, Yogyakarta.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sulistyoningsih, H., 2011, Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Trisnawati, I. 2014, Hubungan Asupan Fe, Zinc, Vitamin C Dan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di SMP Negeri 4 Batang. Skripsi. Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tunnisa, Reza, 2018, Pengaruh pemberian jus jambu biji terhadap kadar hemoglobin pada remaja putri di MAN 1 Bantul Yogyakarta, Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, Vol.11, No.2.

WHO, 2018, World Health Statistics 2017, World Health Organization

Widyastuti, AP. 2014. Hubungan Kadar Hemoglobin Siswa dengan Prestasi Belajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Bentangan Wonosari Kabupaten Klaten. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wulansari, D., 2018, Madu Sebagai Terapi Komplementer, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Gusniawati, L., Nency, A., & Hidayani, H. (2024). PENGARUH PEMBERIAN BUBUR KACANG HIJAU TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA PUTRI ANEMIA DI SMP KH HASAN ARIF BANYURESMI GARUT TAHUN 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2317–2329. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2745