MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POLYA
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.266Keywords:
Polya Learning Model, Problem Solving, and Mathematical Logical IntelligenceAbstract
Penelitian ini berawal dari pemecahan masalah siswa masih lemah dan kecerdasan logis siswa yang masih rendah, serta penggunaan metode saat belajar masih terbilang kurang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan pembelajaran polya, (3) mengetahui apakah terdapat peningkatan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap MTs Al Hikmah Bandar lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII B dan VIII C. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan pembelajaran polya, dan terdapat peningkatan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya
Downloads
References
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432.
Asmal, M. (2020). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smpn 30 makassar. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–36.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.
Dharin, A. (2019). Model Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Ganda. Didaktika Islamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Kendal, 10(Nomor 1), 1–32.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Husna, U., Syaiful, S., & Yantoro, Y. (2018). Studi Pendahuluan Tentang Pengembangan Model Pembelajaran Ikrar (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, Refleksi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 40–44.
Lestari, N. F., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Nabla Dewantara, 4(1), 11–20.
Mardiansa, D. D. (2022). Karakteristik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan model pembelajaran polya. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 486–490.
Mastuti, A. G. (2019). Kemampuan Berpikir Logis Bertipe Kecerdasan Logis Matematis Terkait dengan Konservasi Bagi Anak Berusia 7-8 Tahun. Horizon Pendidikan, 10(2).
Pahrudin, A., & Andriani, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa: Dampak Strategi Wankat-Oreovocz. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(1), 40–45.
Pitriani, Y., & Ocktaviani, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287–298.
Roichanah, E. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengajukan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan majemuk. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Setianingsih, R. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP berdasarkan Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ismawati. MATHEdunesa, 8(3), 524–530.
Supini, S. (2022). Penerapan Metode Student Facilitator and Explaination dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Sistem Persamaan linear dua variabel Pada Siswa Kelas VIII-A Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(1), 54–63.
Wulandari, S. P. (2016). Profil Pemecahan Masalah SPLDV dengan Langkah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 724–732.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.