EFEKTIVITAS KOMBINASI PIJAT OKSITOSIN DAN WOOLWICH MASSAGE SERTA BREASTCARE TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS KECAMATAN JAGAKARSA JAKARTA SELATAN TAHUN 2023

Authors

  • Sri Wahyuni Handayani Universitas Indonesia Maju
  • Susaldi Universitas Indonesia Maju
  • Maryam Syarah Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1029

Keywords:

ASI, Pijat Oksitosin, Woolwich Massage, Kelancaran Pengeluaran ASI

Abstract

Ketidaklancaran keluarnya ASI merupakan masalah yang dialami oleh ibu menyusui. Ibu sering mengeluhkan puting lecet dan bayinya sering menangis, sehingga tidak memberikan ASI. Penyebab ketidak lancaran pengeluaran ASI salah satunya adalah penurunan produksi ASI pada hari pertama setelah melahirkan dapat disebabkan kurangnya rangsangan hormon oksitosin dan prolaktin yang sangat berperan dalam kelancaran produksi ASI, untuk mengeluarkan ASI dibutuhkan upaya nonfarmakologis berupa pijat oksitosin dan Woolwich Massage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kombina pijat oksitosin dan woolwich massage serta terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu menyusui di Puskesmas Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan pre-test and post-test design with control group. Total sampel sebanyak 36 responden, Teknik pengambilan sampel yang digunakan non probability sampling  dengan jenis Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji Mann U Withney, p value bernilai 0,022 didapatkan nilai mean rank untuk kelompok intervensi 22,47 dan kelompok kontrol 14,53 sehingga dapat  disimpulkan bahwa pijat oksitosin dan Woolwich Massage efektif dalam peningkatan produksi ASI pada ibu menyusui di Puskesmas Kecamatan Jagakarsa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi manfaat pijat oksitosin dan woolwich massage kepada masyarakat sehingga dapat dijadikan tolak ukur dalam melakukan upaya promotif terhadap peningkatan pemberian ASI eksklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Soetjiningsih. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu. Perkembangan Anak Dan Remaja. Sagungseto. 2012;7(1):45–56.

Harahap IE. Kesehatan Ibu dan Anak. Badan Pusat Statistik. 2022.

Samsinar. FAKTOR KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI USIA 6-24 BULAN DI BPS Y KOTA TANGERANG. J Ilmu Kesehat Karya Bunda Husada. 2021;7(1).

Pamuji SEB, Supriyana, Rahayu S, Suhartono. Pengaruh Kombinasi Metode Pijat Woolwich Dan Endorphine Terhadap Kadar Hormon Prolaktin Dan Volume Asi (Studi Pada Ibu Postpartum Di Griya Hamil Sehat Mejasem Kabupaten Tegal). J Ilmu dan Teknol Kesehat. 2014;5(1).

Khasanah NA, Sulistyawati W. BUKU AJAR NIFAS DAN MENYUSUI. E-Book Penerbit STIKes Majapahit. 2017.

Yuventhia. Efektifitas durasi waktu pemberian pijat oksitosin terhadap kelancaran Asi pada ibu post partum di RSUD kota Madiun. J STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. 2018;4.

Wahyuningtyas D. Buku saku : Pijat Oksitosin Dengan Murottal Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Produksi ASI Pada Ibu Nifas. 2020;ii–43.

Kusumastuti, Qomar UL, Mutoharoh S. Kombinasi Pijat Woolwich dan Pijat Oksitosin terhadap Produksi ASI dan Involusi Uterus pada Ibu Postpartum’. J Heal Sci. 2019;12.

Humaediah Lestari, IGA J, Sri M, Mataram S pengajar S. Engaruh Pijat Oksitosin Terhadap Kelancaran Produksi Kolostrum Pada Ibu Postpartum Di Puskesmas Rasa Bou Kecamatan Hu’U Kabupaten Dompu. Opt InfoBase Conf Pap. 2016;2(2).

Azizah I, Yulinda D. PENGARUH PIJAT OKSITOSIN TERHADAP PENGELUARAN ASI PADA IBU POSTPARTUM DI BPM PIPIN HERIYANTI YOGYAKARTA TAHUN 2016. MEDIA ILMU Kesehat. 2019;6(1).

Asih Y. Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Produksi ASI pada Ibu Nifas. J Ilm Keperawatan Sai Betik. 2018;13(2).

Astutik RY. Asuhan kebidanan masa nifas dan menyusui: Jakarta. PT. Pustaka Baru, Yogyakarta. 2015.

Astutik VY, Winarningrum I. Hubungan Tinggi Badan Dan Nutrisi Ibu Hamil Dengan Resiko Terjadinya Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil Tm II Di Wilayah Kerja Puskesmas Turen. BIOMED Sci J Ilm Obstet Gynekol dan Ilmu Kesehat. 2017;5.

Masrinih, Wahtini S. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kelancaran Produksi ASI Pada Ibu Nifas. Progr Stud Kebidanan Progr Sarj Ter Aisyiyah Yogyakarta. 2020;1–18.

Mintaningtyas SI and YSI. Pijat Oksitosin untuk Meningkatkan Produksi ASI Eksklusif. Penerbit NEM. 2022;

Suparyanto dan Rosad (2015. Manajemen Laktasi. Suparyanto dan Rosad (2015. 2020;5(3).

Maryunani A. Manajemen Kebidanan Terlengkap. TIM. 2016;

Nurul Azizah NA. Buku Ajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Buku Ajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. 2019.

Setiyani A. Asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita, dan anak prasekolah. Asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita, dan anak prasekolah. 2017;1999(December).

Ritonga NJ, Mulyani ED, Anuhgera DE, Damayanti D, Sitorus R, Siregar WW. SARI KACANG HIJAU SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PRODUKSI AIR SUSU IBU (ASI) PADA IBU MENYUSUI. J KEPERAWATAN DAN Fisioter. 2019;2(1).

Hatijar, Saleh IS, Yanti LC. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. CV. Cahaya Bintang Cermelang. 2020.

Dini kurniawati lantin sulistyorini. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Matern. 2018;3(4).

Kemenkes RI. Panduan Pelayanan Pasca Persalinan bagi Ibu dan Bayi Baru Lahir. Kementerian Kesehatan RI. 2019.

Barokah L, Utami F. Pengaruh Pijat Woolwich Terhadap Produksi ASI di BPM Appi Amelia Bibis Kasihan Bantul. Pros Semin Nas dan Call Pap. 2017;7(1).

Apreliasari H. & RR. Pengaruh pijat oksitosin terhadap peningkatan produksi ASI. J Ilm Kesehat Ar-Rum Salatiga. 2020;5(1):48–52.

Doko TM, Aristiati K, Hadisaputro S. Pengaruh Pijat Oksitosin oleh Suami terhadap Peningkatan Produksi Asi pada Ibu Nifas. J Keperawatan Silampari. 2019;2(2).

Usman H. Kombinasi Metode Pijat Woolwich dan Massage Rolling (Punggung) Memengaruhi Kecukupan ASI pada Ibu Post Partum. J Bidan Cerdas. 2020;1(2):76–81.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta; 2018.

Djaali. Metodologi Penelitian Kuantitatif - Google Books. Bumi Aksara. 2020.

Marlynda Happy Nurmalita Sari SMCMHNUISMNDKPYRHLIR. Metodologi Penelitian Kebidanan. PT Glob Eksek Teknol. September 2022;1.

Arikunto S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2019.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA; 2018. 243 hal.

L Sitoayu RNNR. APLIKASI SPSS UNTUK ANALISIS DATA KESEHATAN: Bonus Analisis Data dengan SEM. PT NASYA Expand Manag. Oktober 2020;1.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2017.

Dahlan, Sopiyudin. M. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Epidemiologi Indonesia; 2014.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Handayani, S. W., Susaldi, S., & Syarah, M. (2023). EFEKTIVITAS KOMBINASI PIJAT OKSITOSIN DAN WOOLWICH MASSAGE SERTA BREASTCARE TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS KECAMATAN JAGAKARSA JAKARTA SELATAN TAHUN 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2148–2162. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1029