IMPLEMENTASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM 4.0 PADA MADRASAH ALIYAH ASY SYAFI’IYAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Arif Budiman Sekolah Tinggil Ilmu Administrasi Amuntai
  • Berdatous Souvia Sekolah Tinggil Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1026

Keywords:

Implementasi, EMIS 4.0

Abstract

Dalam Implementasi Education Management Information System 4.0 Pada Madrasah Aliyah Asy Syafi'iyah Kabupaten Hulu Sungai Utara terdapat permasalahan yang dihadapi yaitu pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai operator EMIS 4.0, kurangnya sarana dan prasarana dalam penunjang pekerjaan, dan kesulitan dalam pengaksesan aplikasi EMIS 4.0 karena server error. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Education Management Information System 4.0 pada Madrasah Aliyah dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Education Management Information System 4.0. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif-kualitatif. Dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui teknik purposive sampling untuk pengambilan informan berjumlah 11 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Education Management Information System 4.0 Pada Madrasah Aliyah Asy Syafi'iyah Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup baik. Pertama, komunikasi dengan indikator transmisi belum terimplemetasi dengan baik, kejelasan belum jelas, dan konsistensi sudah baik. Kedua, sumber daya dengan indikator staf cukup sesuai, informasi sudah baik, wewenang sudah baik, dan fasilitas belum terimplementasi dengan baik. Ketiga, disposisi dengan indikator efek disposisi belum sesuai, melakukan pengaturan birokrasi sudah sesuai, dan insentif belum sesuai. Keempat, struktur birokrasi dengan indikator standar operasional prosedur belum sesuai dan fragmentasi cukup sesuai. Saran yaitu hendaknya melakukan evaluasi dan pemantauan server, Untuk Kepala Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara khususnya Kepala Seksi Pendidikan Madrasah memberikan pelatihan operator madrasah. Untuk kepala Madrasah Aliyah Asy Syafi'iyah Kabupaten Hulu Sungai Utara hendaknya melakukan pemantauan dan pensejahteraan bagi operator dalam hal pemberian upah/gaji. Untuk Operator EMIS 4.0 segera berkoordinasi apabila ada permasalahan yang terjadi dalam melakukan penginputan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2015. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.

2019. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5974 Tahun 2019. Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Pendidikan Islam.

2022. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2022. Pengelolaan Data Pendidikan Pada Kementerian Agama.

Agustino, Leo. 2020. Dasar-Dasar Kebijakan Publik Edisi Revisi Ke-2. Bandung: CV. Alfabeta.

Alamsyah, Kamal. 2016. Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi. Bandung: Media Citra Mandiri Press.

Hisbanarto, Yakup, Vico. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadir, Abdul. 2020. Pengenalan Sistem Informasi, Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Kadji, Yulianto. 2015. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik, Kepemimpunan dan Perilaku Birokrasi Dalam Fakta Realitas. Gorontalo : UNG Pres.

Miles, Mathew B.A, Michael Huberman, Johny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3. United Kingdom : SAGE Publications.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Situmorang, H. Chazali. 2016. Kebijakan Publik (Teori Analisis, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan. Depok: CV. Khalifah Mediatama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Suparno. 2017. Implementasi Kebijakan Publik Dalam Praktek Implementasi Kebijakan Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang. Semarang: Dwi Putra Pustaka Jaya

Tahir, Arifin. 2020. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun. 2022. Pedoman Penyusunan Skripsi dan Penulisan Skripsi. Amuntai: STIA Amuntai.

Tresiana, Novita dan Noverman Duadji. 2021.Implementasi Kebijakan Publik Pentingnya Kapital Sosial dan Kopruduksi. Lampung: Suluh Media.

Widyoko,E.P. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad, LA Ode Ismail dkk. 2017. Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran di SMP NEGERI 21 Makassar. Al-Idarah Vol. 1, No.2, hlm. 291

Amirudin. 2017. Kinerja Pegawai Tata Usaha Dengan Layanan Administrasi Di Madrasah. Al-Idarah Vol.7, No.1, hlm. 126-145.

Hamidillah. 2020. Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (Studi Kasus MIN 10 HSU, MI Bustanul Ulum dan MI Nurul Haq). Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai: tidak diterbitkan.

Hendriani, Suswati, Elizasri. 2022. Keaktifan Aplikasi Emis Dilembaga Keagamaan dan Pontren di Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto. Jurnal Penelitia Ilmu Pendidikan Indonesia Vol.2, No.2, hlm.221-226.

Istiqomah, Nurhayati, Ainul. 2021. Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Data Pendidikan Islam Berbasis Education Management Information System. Muslim Heritage Vol.6, No.2, hlm.345-358.

Penguatan Sistem Pendataan (EMIS). 2022. Workshop Manajemen Data dan Sistem Informasi Tahun 2022 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Bogor: Kementerian Agama RI.

Edugoedu. 2022. Panduan Pengisian EMIS 4.0 Madrasah. (online). Tersedia: https://www.edugoedu.com/panduanpengisianemis40madrasah/ . (5 September 2022).

Ilyas, Mochammad. 2022. Beratnya Tugas dan Tanggungjawab Operator Madrasah. (online). Tersedia: https://mkkmmtssby.org/beratnyatugasdantanggungjawaboperatormadrasah/.(5 September 2022).

KBBI. 2015. Arti Kata “implementasi” Menurut KBBI. (online). Tersedia: https://www.kbbi.co.id/artikata/implementasi (5 September 2022).

Kemenag Kabupaten Batang. 2021. Sosialisasi Aplikasi EMIS 4.0 Tingkatkan Efektivitas Data di Madrasah. (online). Tersedia: https://jateng.kemenag.go.id/2021/09/sosialisasiaplikasiemis40tingkatkanefektivitasdatadimadrasah/ (5 September 2022).

Khoeron, Moh. 2021. Kemenag : EMIS 4.0 Bersiap Jadi Sistem Pendataan Pendidikan yang Andal. (online). Tersedia: https://kemenag.go.id/read/kemenagemis40bersiapjadisistempendataanpendidikanyangandal (5 September 2022).

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Budiman, A., & Souvia, B. (2023). IMPLEMENTASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM 4.0 PADA MADRASAH ALIYAH ASY SYAFI’IYAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2126–2133. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1026