ANALISIS LIRIK LAGU DEALOVA KAJIAN STILISTIKA

Authors

  • Saleh Fahrudin

Keywords:

Lirik Lagu, Dealova, Stilistika

Abstract

Lirik lagu adalah karya sastra yang berisi curahan perasaan, emosi, dan ekspresi pribadi pengalaman berbentuk jiwa dalam bentuk susunan kata dalam sebuah lagu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan aspek stilistika dari lirik lagu Dealova . Permasalahan dalam penelitian ini meliputi analisis aspek stilistika bahasa kiasan dan citraan serta desain implementasi penelitian ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan stilistika. Sumber data dalam penelitian ini adalah lirik lagu dealova. Berdasarkan hasil penelitian ini, kesimpulannya adalah 1) aspek stilistika bahasa kiasan yang terkandung dalam lirik lagu dealova, yaitu perbandingan bahasa kiasan, metafora,, personifikasi,aspek stilistika citraan yang terdapat dalam lirik lagu Dealova yaitu citraan visual, citraan pendengarana, Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain yang meneliti aspek stilistika dalam lirik lagu Dealova serta sebagai referensi bahan ajar sastra bagi guru dalam pembelajaran di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altenbernd, Lynn dan Leslie L. Lewis. 1970. A Handbook for The Study of Poetry, Sixth Printing. London: Collier Macmillan Ltd.

Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Penelitian Sastra (Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi). Yogyakarta: CAPS.

Jabrohim (Editor). 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, Rahmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiman, Panuti. 2006. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Supriyanto, Teguh. 2009. Stilistika dalam Prosa. Jakarta: Pusat Bahasa

Downloads

Published

2023-12-29