Pengaruh Permainan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Dharmawanita Bua Kabupaten Luwu
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v6i3.4176Keywords:
Finger Painting, Fine Motor Skills, Early Childhood, classroom action researchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Dharma Wanita Bua, Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian unjuk kerja terhadap aktivitas motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada perkembangan motorik halus anak setelah diterapkannya metode permainan finger painting. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan finger painting memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan agar guru TK dapat memanfaatkan permainan finger painting sebagai salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk merangsang keterampilan motorik halus anak.
Downloads
References
Ardiana Nur Maulida Hakim, Sumarno Sumarno, & Ida Dwijayanti. (2023). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.280
Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal, 2(2), 36–44.
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Jumriatin, J., & Anhusadar, L. (2022). Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31–49. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.815
Maghfuroh, L., & Putri, K. C. (n.d.). The Effect Of Finger painting To The Development Of Fine Motor On Preschool Children In Sartika I Sumurgenuk Kindergarten Babat Lamongan Penelitian yang dilakukan oleh Partiyem , 2014 pada kelompok B PAUD Istiqomah di Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang.
Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Research and Development Journal of Education, 7(2), 518. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11246
Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B. D. A. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK At-Taqwa. Jurnal Keperawatan BSI, V(2), 65–73.
Primayana, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. PURWADITA: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Pujianti, Y., Sumaryati, S., & Wijaya, P. K. W. K. (2023). Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra. Al Muhajirin Bekasi. Al Hanin, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.38153/alhanin.v3i1.236
Puspiani, D., Purbayani, R., & Herniawati, A. (2024). Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Sabilissalam Baregbeg Ciamis. Jurnal Intisabi, 2(1), 146–161. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i1.57
Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1411–1418.
Rifah, A. L. M. A., Ecoprinting, K., & Rifah, A. L. M. A. (2024). Ira Anggraeni 1 , Rima Safitri 2 2. 5(1), 11–17.
Rachman, S. A., Mujtahidin, S., & Sasakawati, H. (2023). PENERAPAN TEKNIK BERMAIN MERONCE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DESA SEMAYA. JURNAL ASIMILASI PENDIDIKAN, 1(2), 56-61. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.9
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahma Eka Putri, Kalbi Jafar, Wahidah, Muhammad Nur Fuadi, Zulfianah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.