Pengaruh Karakteristik CEO Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan Industri Keuangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v6i3.3845Keywords:
CSR, CEO Characteristics, Size, Leverage, ProfitabilirasAbstract
This study aims to analyze The purpose of this research is to examine the relationship between CSR and CEO Characteristics, Company Size, profitability, and leverage in financial companies. The data used is secondary data obtained from the public financial reports of the Indonesia Stock Exchange (IDX). Emitters on the IDX consist of 104 major financial companies from 2019 to 2023. The research sample is taken from 19 financials. This study uses panel data regression analysis, model testing, classical assumption testing, and hypothesis testing using the STATA 17 statistical software. The results of this study indicate that CEO age positively and significantly influences CSR disclosure
Downloads
References
Agustine, Y. S., & Ratmono, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan. Equity, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.34209/equ.v22i1.897
Akbar, M., & Juliarto, A. (2023). Keberagaman gender dewan direksi memoderasi pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan (studi kasus pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018-2021). Diponegoro Journal of Accounting, 12(4), 1–13.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. Jurnal EMBA, 9(2303–1174), 663–674.
Ayem, S., & Enumbi, M. (2024). Pengaruh Asas Trilogi Kepemimpinan dan Aksebilitas Laporan Keuangan Terhadap Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan. 12(1), 11–25.
Candra, K. A., & Susi Dwi Mulyani. (2023). Pengaruh Karakteristik Ceo Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Perusahaan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 3459–3468. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.18046
Christiawan, S. F., & Andayani. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(2), 1–16.
Dwimartha, F., Pramesti, M., Sulung, L. A. K., & Gandakusuma, I. (2023). Peran Pendidikan CEO, Keberagaman Gender , dan Dimensi Keuangan Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR Sektor Manufaktur di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia •, 46(1), 62–70.
Fadina, N., Nuraisyiah, & Samsinar. (2020). Analisis Size Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. 7(2017).
Indriani, N. S. (2022). CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).
Jayadi, Wihardja, I., & Yolanda, N. (2024). CSR dan Kinerja Keuangan Perusahaan Publik Terdaftar di Malaysia. 25(1), 89–97.
Kabir, R., & Thai, H. M. (2021). Key factors determining corporate social responsibility practices of Vietnamese firms and the joint effects of foreign ownership. Journal of Multinational Financial Management, 59(2018). https://doi.org/10.1016/j.mulfin.2020.100676
Kharisma, V. O., & Sulistyowati, E. (2022). Pengaruh Leverage dan Firm Size terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 407. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.409
MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Marjono, C. C., & Wijaya, H. (2022). Pengaruh Masa Jabatan CEO Terhadap Manajemen Laba Akrual. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 11(1), 57–78. https://doi.org/10.21831/nominal.v11i1.41432
Nathaniel, et al. (2020). Pengaruh karakteristik CEO terhadap tingkat performa corporate social responsibility (CSR) perusahaan di Indonesia. Jurnal Akuntansi FE UST, 8(1), 31–50. https://doi.org/10.26460/ja.v8i1.1194
Parafitasari, F. S. (2020). PENGARUH BOARD GENDER DIVERSITY TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE.
Pare, Y. K., Sondakh, J. J., & Morasa, J. (2017). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Perbankan Konvensional di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 8(2), 317–329. https://doi.org/10.35800/jjs.v8i2.18631
Purnasiwi, J., & Sudarno. (2020). ANALISIS PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA JayantiANALISIS PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BUR. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).
Rahmawati, I., & Juliarto, A. (2024). PENGARUH KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK CEO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Diponegoro Journal of Accounting, 13(1), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Ramadhani, R., & Maresti, D. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan CSR. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 78. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.262
Rindawati, M., & Asyik, N. (2013). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kepemilikan publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(6), 2–5.
Riska, C. F., Hendayana, Y., & Wijayanti, M. (2023). Pengaruh Ulasan Konsumen, Kualitas Produk Dan Marketing Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Economina, 2(10), 2722–2739.
Sumarni. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Issi Tahun 2016-2020. Jurnal Ekonomi Rabbani, 2(1), 228–237. https://doi.org/10.53566/jer.v2i1.74
Ulya, S. N., & Parasetya, M. T. (2024). Pengaruh Aspek Investasi Terhadap Pelaporan Corporate Social Responsibility, Dengan Board Monitoring Sebagai Variabel Moderasi. Diponegoro Journal of Accounting, 13(1), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Wijaya, F. M., Safitri, R. H., & Yuniartie, E. (2024). Pengaruh Karakteristik CEO terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik di Indonesia. RISET & JURNAL AKUNTANSI, 8(3), 2356–2366. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2189
Yanto, T., & Juliana, C. (2019). Pengaruh Gender Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding Working Papers Series In Management, 11(2), 134–154. https://doi.org/10.25170/wpm.v11i2.4524
Zidane, M. H., & Kusumadewi, R. K. A. (2023). PENGARUH CSR DAN TINGKAT UTANG TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Kajian pada Perusahaan Tercatat di BEI Pada 2019 – 2021). Diponegoro Journal of Accounting, 12(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/41606/30072
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Fatmawati, Elin Erlina Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.