Peran Lanskap Linguistik Bahasa Arab di Lingkungan Sekolah untuk Mendukung Tercapainya SDG 4

Authors

  • Meiza Miftachul Rohmah Department of Arabic Language Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Syihabuddin Department of Arabic Language Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Mia Nurmala Department of Arabic Language Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v6i2.3831

Keywords:

Lanskap linguistik, Bahasa Arab, SDG 4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran lanskap linguistik bahasa Arab di lingkungan sekolah Qurrota A’yun di Kabupaten Bekasi, dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab serta pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) 4, khususnya pada aspek literasi. Dengan menggunakan metode studi kasus, data dianalisis secara kualitatif dan dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lanskap linguistik berbahasa Arab tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif, tetapi juga sebagai alat edukatif yang efektif. Lanskap ini membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bahasa Arab, serta mencerminkan identitas sekolah sebagai institusi berbasis nilai-nilai Islam. Selain itu, keberadaan lanskap linguistik memotivasi siswa untuk belajar bahasa Arab dengan lebih percaya diri. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengungkap bahwa metode pengajaran tambahan diperlukan untuk memperkuat keterampilan menulis siswa. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang integrasi elemen bahasa dalam pendidikan dan relevansinya terhadap kebijakan global seperti SDGs, yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan pendidikan multibahasa di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, S. P., & Kartono, D. T. (2022). Kebermanfaat Adanya Sustainable Development Goals (Sdgs). Journal of Social Research, 1(6), 507–512. https://doi.org/10.55324/josr.v1i6.110

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–12. https://www.academia.edu/download/93002306/32685_75730_1_PB.pdf

Azwan, A., Syihabuddin, S., Wirza, Y., & Nur, A. M. (2025). Representasi Pluralisme Agama Melalui Visualisasi Bahasa Di Ruang Publik Kampung Toleransi. Kota Bandung. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/trs.v16i2.35785

Ben-Rafael, E., Shohamy, Elana, Hasan Amara, Muhammad, & and Trumper-Hecht, N. (2006). Linguistic Landscape as Symbolic Construction of the Public Space: The Case of Israel. International Journal of Multilingualism, 3(1), 7–30. https://doi.org/10.1080/14790710608668383

Bernardo-Hinesley, S. (2020). Linguistic Landscape in Educational Spaces. Journal of Culture and Values in Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.46303/jcve.2020.10

Bolton, K., Botha, W., & Lee, S. (2020). Linguistic Landscapes and Language Contact. In R. Hickey (Ed.), The Handbook of Language Contact (1st ed., pp. 281–300). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119485094.ch14

Brown, K. D. (2005). Estonian Schoolscapes and the Marginalization of Regional Identity in Education. European Education, 37(3), 78–89. https://doi.org/10.1080/10564934.2005.11042390

Brown, K. D. (2012). The Linguistic Landscape of Educational Spaces: Language Revitalization and Schools in Southeastern Estonia. In D. Gorter, H. F. Marten, & L. Van Mensel (Eds.), Minority Languages in the Linguistic Landscape (pp. 281–298). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/9780230360235_16

Gámez, P. B. (2015). Classroom-based English exposure and English Language Learners’ expressive language skills. Early Childhood Research Quarterly, 31, 135–146. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.007

Gorter, D. (2006). Linguistic Landscape: A New Approach to Multilingualism. Multilingual Matters.

Gorter, D. (2018). Linguistic landscapes and trends in the study of schoolscapes. Linguistics and Education, 44, 80–85.

Gorter, D., & Cenoz, J. (2015). Linguistic Landscapes Inside Multilingual Schools. Challenges for Language Education and Policy (pp. 151–169).

Hewitt-Bradshaw, I. (2014). Linguistic Landscape as a Language Learning and Literacy Resource in Caribbean Creole Contexts. Caribbean Curriculum, 22, 157–173.

Huda, N., & Afrita, J. (2023). Pentingnya Bahasa Arab Dalam Pendidikan Diplomasi Dan Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1242–1252.

Landry, R., & Bourhis, R. Y. (1997). Linguistic Landscape and Ethnolinguistic Vitality: An Empirical Study. Journal of Language and Social Psychology, 16(1), 23–49. https://doi.org/10.1177/0261927X970161002

Maulia, L., Yendra, & Syafar, D. N. (2023). Pengaruh Lanskap Linguistik Terhadap Kosakata Siswa. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), Article 2.

Nainggolan, T. A. (2025). Peran UNESCO dalam Menekan Angka Buta Huruf di Sudan Selatan dalam Rangka Implementasi SDG 4. Padjadjaran Journal of International Relations, 7(2), 127–136. https://doi.org/10.24198/padjir.v7i2.61771

Nurtresnaningsih, I. (2018). Problematika Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Serta Upaya Dalam Menanggulanginya. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24196

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya. Malang: Maulana Malik Ibrahim. http://repository.uin-malang.ac.id/1104

Rieckmann, M. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO publishing.

Sayer, P. (2010). Using the linguistic landscape as a pedagogical resource. ELT Journal, 64(2), 143–154.

Scarvaglieri, C. (2017). ‘Educational Landscaping’: A method for raising awareness about language and communication. Language Awareness, 26(4), 325–342. https://doi.org/10.1080/09658416.2017.1411358

Shin, S. J. (2017). Bilingualism in Schools and Society: Language, Identity, and Policy, Second Edition (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315535579

Sofyan, A., Firmansyah, M. B., Muta’allim, M., Solissa, E. M., & Rosikh, F. (2022). Islamic Boarding School Linguistic Landscape in The Development of Arabic Language Skills and Islamic Knowledge. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(6), Article 6. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i6.563

Unterhalter, E. (2019). The Many Meanings of Quality Education: Politics of Targets and Indicators in SDG 4. Global Policy, 10(S1), 39–51. https://doi.org/10.1111/1758-5899.12591

Vesya, N. F., & Datang, F. A. (2022). Lanskap Linguistik Stasiun Mrt Lebak Bulus Grab. Prosiding Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya (KOLITA), 20(20), Article 20. https://doi.org/10.25170/kolita.20.3800

Wawancara. "Guru Bahasa Arab." 2025.

Wawancara. "Siswa Qurrota A'yun." 2025.

Widiyanto, G. (2019). Lanskap Linguistik di Museum Radya Pustaka Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS), 1(0), Article 0.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Rohmah, M. M., Syihabuddin, S., & Nurmala, M. (2025). Peran Lanskap Linguistik Bahasa Arab di Lingkungan Sekolah untuk Mendukung Tercapainya SDG 4. Jurnal Ilmiah Global Education, 6(2), 928–938. https://doi.org/10.55681/jige.v6i2.3831