PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE PADA WANITA DEWASA AWAL SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Hanum Sasmitanisha Ayu Mumpuni Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma
  • Aski Marissa Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1349

Keywords:

Consumeristic Behavior, Self-Control, Young Adult, Women E-commerce Users

Abstract

The Covid-19 pandemic has led to changes in people's lifestyles, including their shopping habits, with many preferring to shop online through e-commerce platforms. Women are said to engage more frequently in online shopping due to their susceptibility to discounts. This can foster consumeristic behavior, especially among young adult women, and one influencing factor is self-control. This research aims to empirically examine the influence of self-control on consumeristic behavior among young adult women who use e-commerce during the Covid-19 pandemic. A quantitative method was used in this study, with purposive sampling technique to select 102 respondents of young adult women who frequently shop through e-commerce. Data was collected using a questionnaire. Hypothesis testing was conducted through simple regression analysis, and the research results showed that the hypothesis was accepted with a significance value of 0.000 (ρ<0.05) and an R square value of 0.356. This indicates a highly significant influence of self-control on consumeristic behavior, where self-control accounts for 35.6%, while the remaining 64.4% is influenced by other factors not included in the study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. M.& Sitti N. A. (2020). E-Commerce Dasar Teori dalam Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Anggraeni, R.& Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. 12(1). 34-42.

Arum, D. & Khoirunnisa, R, N. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Psikologi Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Penelitian Psikologi.8 (9).92-102.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta : Gramedia Pustaka Utam

Chrisnawati, D. & Abdullah, S.M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian. Jurnal Spirits. 2(1).1-14.

Deliarnov. (2006). Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi. Jakarta : Esis

Devita, D. V. (2020). Tren Minat Belanja Online Selama Musim Covid-19 di Indonesia. https://iprice.co.id/trend/insights/tren-belanja-online-orang-indonesia-saat-musim-corona/. Diakses pada 27 Oktober 2021.

Dewandari, B.P.& Putri, E. T. (2021). Pengaruh Citra Tubuh dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif pada Wanita Dewasa Awal di Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi. 9(6). 402-416.

Dinisari, M. C. (2020). E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia selama Pandemi Covid-19.https://ekonomi.bisnis.com/read/20200417/12/1228750/e-commerce-dorong-perekonomian-indonesia-selama-pandemi-covid-19- . Diakses pada 4 Maret 2022.

Febriani, N.S.& Wayan W. A. D. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Fika, N. U. (2021).Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibanding Offline.https://money.kompas.com/read/2021/10/22/211000926/riset--masyarakat-lebih-banyak-belanja-online-dibanding-offline. Diakses pada 26 Desember 2021.

Haryani, I. & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi.11(1).5-11

Hurlock, E. (1996). Psikologi Perkembangan. Alih Bahasa: dr. Med. Metasari T. & Dra. Muslichah Z. Jakarta: Erlangga

Komalasari, T. D. (2021). Belanja Online Meningkat 400 Persen, BPKN : Masih Banyak Dikeluhkan Konsumen. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01399518/belanja-online-meningkat-400-persen-bpkn-masih-banyak-dikeluhkan-konsumen. Diakses pada 26 Oktober 2021.

Koto, A. R. (2012). Compulsive Buying Disorder (CBD) Resiko Dibalik Kemudahan BelanjaOnline. https://www.kompasiana.com/ajuskoto/55183fdba33311b906b6679d/compulsiv e-buying-disorder-cbd-resiko-dibalik-kemudahan-belanja-online. Diakses pada 4 Maret 2022

Kumalasari, D.& Soesilo, Y.H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi AngkatanTahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 12(1).61-71.

Kurniawan, A. W & Zarah P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku

Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika.13(4).107-118.

Lidwina. A. (2021).Pengguna E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia. Diakses pada 27 Oktober 2021.

Liswantiani, E. & Gregorius A. (2020). Mengoptimalkan Karakter Kontrol Diri Anak dengan Sarana Permainan Tradisional. Yogyakarta : CV Resiliasi Pustaka.

Mardhiyah, H. (2016). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Penggemar K-pop. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Jakarta.

Merdeka. (2021). Belanja Online Meningkat Saat Pandemi, Ini Daftar E-commerce Paling Banyak Dikunjungi. https://www.merdeka.com/uang/belanja-online-meningkat-saat-pandemi-ini-daftar-e-commerce-paling-banyak-dikunjungi.html?page=1. Diakses pada 27 Oktober 2021.

Mudjiran. (2021). Psikologi Pendidikan: Penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri Dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa s1 perbankan Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi (Tidak Diterbirtkan). Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nisa, C.L. (2017). Pengaruh Kontrol Diri, Harga Diri dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015. Skripsi (tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Pertiwi, W.K. (2021).Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta, Hampir Semua Online dari Ponsel. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/07020097/pengguna-internet-indonesia-tembus-200-juta-hampir-semua-online-dari-ponsel. Diakses pada 28 Oktober 2021.

Pratama. H, S. (2017). Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Merchandise Liverpool Pada Anggota Suporter Klub Sepakbola Liverpool Di Bekasi.Jurnal Psikologi.10 (2). Hal 138-147

Purnama. M, P. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid -19. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahayu, dkk. (2021). Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, A. (2021). Kontribusi Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Koin Pada Remaja Pembaca Webtoon. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Jakarta.

Risvindika, D.R., Nugrahawati, E.N., & Dwarawati, D. (2020). Pengaruh Loneliness Terhadap Online Impulsive Buying Pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Prosiding psikologi. 6(2).

Romindo, dkk. (2019). E- commerce Implementasi, Strategi & Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sari, K. R. (2016). Kecenderungan Perilaku Compulsive Buying Pada Masa Remaja Akhir Di Samarinda. Jurnal Psikoborneo. 4(1). 1- 9.

Siallagan, A.M., Derang, I., & Nazara, P. G. (2021). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Di Stikes Santa Elisabeth Medan, 8 (1). 54-61.

Sudarisman, H.S.V. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif melalui Online Shop pada Mahasiswi. Acta Psychologia.1(1).53-61.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta : Kencana

Tiona, D. 2019. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa. Skripsi (Tidak Diterbitkan).Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Jakarta.

Tripambudi, B. & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 7 (2). 189-195.

Ulya, F.N. (2019). Perbedaan Cara Belanja, Sebabkan Wanita Lebih Boros Ketimbang Pria. https://money.kompas.com/read/2019/04/25/080400826/perbedaan-cara-belanja-sebabkan-wanita-lebih-boros-ketimbang-pria . Diakses pada 13 Januari 2022.

Waluyo., Suwardi., Agung F., & Tri Haryanto. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Wardani, L. M. I., & Ritia A. (2021). Konsep Diri dan Konformitas pada Perilaku Konsumtif Remaja. Pekalongan: Penerbit NEM.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Mumpuni, H. S. A., & Marissa, A. (2023). PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE PADA WANITA DEWASA AWAL SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2111–2123. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1349