INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PADA GURU-GURU SEKABUPATEN BUTON SELATAN

Authors

  • Adnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hartati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Catur Wa Ayati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ramayani Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i5.899

Keywords:

Internalisasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi guru-guru PAUD untuk lebih mengembangkan kompetensi kepribadian yang dimiliki. Indikator tersebut mencakup kemampuan keteladanan dan berakhlak mulia agar menjadi contoh karakter bagi peserta didik, termasuk guru harus membuat rencana pembelajaran yang membuat sikap siswa menjadi lebih positif. Peran guru dalam meninternalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditunjukkannya melalui tutur kata, sikap, dan kepribadiannya seperti sopan santun, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, serta kepedulian terhadap peserta didik dan orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Andayani, “Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter,” vol. 4, no. 2, pp. 31–45, 2011.

M. Baginda, “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah,” J. Ilm. Iqra’, vol. 10, no. 2, pp. 1–12, 2018, doi: 10.30984/jii.v10i2.593.

N. A. Putri, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi,” KOMUNITAS Int. J. Indones. Soc. Cult., vol. 3, no. 2, pp. 205–215, 2013, doi: 10.15294/komunitas.v3i2.2317.

M. Isnaini, “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah,” Al-Ta lim J., vol. 20, no. 3, pp. 445–450, 2013, doi: 10.15548/jt.v20i3.41.

F. Annisa, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar,” Perspekt. Pendidik. dan Kegur., vol. 10, no. 1, pp. 69–74, 2019, doi: 10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102.

Downloads

Published

2023-05-22