INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PADA GURU-GURU SEKABUPATEN BUTON SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i5.899Keywords:
Internalisasi, Pendidikan Karakter, PembelajaranAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi guru-guru PAUD untuk lebih mengembangkan kompetensi kepribadian yang dimiliki. Indikator tersebut mencakup kemampuan keteladanan dan berakhlak mulia agar menjadi contoh karakter bagi peserta didik, termasuk guru harus membuat rencana pembelajaran yang membuat sikap siswa menjadi lebih positif. Peran guru dalam meninternalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditunjukkannya melalui tutur kata, sikap, dan kepribadiannya seperti sopan santun, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, serta kepedulian terhadap peserta didik dan orang lain.
Downloads
References
E. Andayani, “Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter,” vol. 4, no. 2, pp. 31–45, 2011.
M. Baginda, “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah,” J. Ilm. Iqra’, vol. 10, no. 2, pp. 1–12, 2018, doi: 10.30984/jii.v10i2.593.
N. A. Putri, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi,” KOMUNITAS Int. J. Indones. Soc. Cult., vol. 3, no. 2, pp. 205–215, 2013, doi: 10.15294/komunitas.v3i2.2317.
M. Isnaini, “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah,” Al-Ta lim J., vol. 20, no. 3, pp. 445–450, 2013, doi: 10.15548/jt.v20i3.41.
F. Annisa, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar,” Perspekt. Pendidik. dan Kegur., vol. 10, no. 1, pp. 69–74, 2019, doi: 10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.