PENDAMPINGAN PENINGKATAN SANTRIPRENEUR MELALUI LITERASI MARKETING MIX DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDIKIA (MAN IC) SORONG

Authors

  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rokhimah Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Agilistya Rahayu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Tiara Mega Utami Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i5.2776

Keywords:

Santripreneur, Literacy, Marketing Mix, Online Marketing, Social Media

Abstract

Kegiatan pengabdian bertema Pendampingan Peningkatan Santripreneur Melalui Literasi Marketing Mix Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong. Pelatihan santripreneur di MAN IC Sorong dilaksanakan untuk membantu habibie dan ainun memahami konsep pemasaran dan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi). Pemateri menjelaskan konsep pemasaran dan bauran pemasaran, diskusi dan penguatan materi oleh dosen pendamping. Metode pelaksanaan menggunakan sistem koordinasi, penentuan waktu, pembagian materi, penjelasan oleh pemateri, diskusi, penguatan materi, dan sesi foto. Hasil kegiatan meliputi perizinan, penjelasan materi, tanya jawab, penguatan materi, dan sesi foto. Santri diberikan pemahaman dalam pengembangan produk dan pemasaran, dengan fokus pada produk Sistik Daun Kelor. Dalam mengemas produk, label dan kemasan dipertimbangkan untuk mendukung branding. Harga ditentukan melalui perhitungan biaya produksi dan laba, per pcs dijual seharga Rp. 15.000,00. Penjualan produk dilakukan melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, dan TikTok dengan promosi menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M., Setiawan, H., Fajri, F., Ardiansyah, M., Ramadan, M. W. N., Sofia, S., & Rahayu, A.(2023). Peningkatan Santripreneur dengan Tema Penerapan Bauran Pemasaran Bolu Mangrove di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 111–119. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1059.

Fajar Tri Hermawan.(2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi. STIE Indonesia, 53(9), 1689–1699.

Hasrun, A., Sofia, S., Edwar, R. C., Rabsani, F., Yusuf, R., Fajar, A., M, R. S., Hyasmara, A., & Suyoto, A. (2023). Literasi Penerapan Marketing Mix Pada Keripik Bayam Dalam Upaya Pembangunan Santripreneur di MAN Insan Cendekia Sorong. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 105–118. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/ABDIMAS45/article/view/1743

Ii,B.A.B.(2016). BAB II KAJIANPUSTAKA2.1.LandasanTeori2.1.1.Pemasaran. BabIiKajian Pustaka 2.1, 12(2004), 7–25.

Karman.(1991).BABIPENDAHULUANA.LatarBelakangMasalahPerkembangan. September,1–49.

Lestari,F.D.,Ibrahim,M.,Ghufron,S.,&Mariati,P.(2021).PengaruhBudayaLiterasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Popilo,R.A.,Payung,M.B.,Jumarni,J.,Fikriah,R.,Amran,E.,Sofia,S.,Mufti,D.,&Amin,M. (2023). Peningkatan Santripreneur Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) Sorong ( Penerapan Bauran Pemasaran Pada Ide Bisnis Bola Bola Ubi ). Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 38—47.

Rupantra.(2021).AnalisisPengaruhKualitasProdukTerhadapKepuasanPelangganSusu KedelaiUd Pak Suroto Berastagi. Digital Repository Universitas Quality Berastagi, 5–30.

Seran,R.B.,Sundari,E.,&Fadhila,M.(2023).JurnalMiraiManagement StrategiPemasaranyang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.

Sofia,S.,Mufti,D.,Keliandan,F.,Muhammad,N.,Rumau,N.,Qomariah,N.,Agama, I.,Negeri,I.,&Sorong,I.(2023).PendampinganPeningkatanSantripreneurDenganPenerapanMarketing Mix Produk Buket Batik di Pondok Modern Al-Ghuroba KabupatenSorong. 2(2), 134–149.

Ulandari, O. (2023). Efektivitas marketing mix 4P terhadap penjualan BUMDes ―Sumber Rejeki‖Desa SamirKecamatan Ngunut KabupatenTulungagung.Entrepreneurship Bisnis ManajemenAkuntansi(E-BISMA),4(1),183–195.https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.931

Wahyuni, E. S., Azhari, C., Hambalah, F., & Widihartanti, T. (2022). Peningkatan Strategi PemasaranProdukMelaluiLiterasiBahasaDiDesaWisataKalanganyar. Jurnal PengabdianMasyarakatPesisir,39–46.

Downloads

Published

2024-05-17