PENGENALAN DASAR JURNALISTIK UNTUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH YANG LEBIH ASYIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DATAH
DOI:
https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i3.2538Keywords:
Journalism, Basic Literacy, School Literacy, Fun LearningAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertajuk pengenalan dasar jurnalistik untuk gerakan literasi sekolah yang lebih asyik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan ketertarikan siswa terhadap literasi dengan cara-cara yang lebih asyik dan menyatu dengan program sekolah. Harapannya, kegiatan ini dapat menumbuhkan budaya literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Datah yang masih memiliki keterbatasan dalam bidang sarana dan prasarana pengembangan literasi. Oleh karena itu, program yang dilaksanakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pengenalan literasi dasar, khususnya membaca dan menulis, dasar jurnalistik, dan pendampingan membuat karya. Karya tersebut digunakan sebagai bahan untuk membuat media literasi jurnalistik, semacam majalah dinding (mading), tetapi dibuat dalam bentuk rumah supaya lebih menarik dan asyik. Pada setiap sisi bidang luar rumah tersebut ditempeli berbagai karya yang sudah dibuat oleh siswa. Dengan program ini, peserta sangat antusias membuat karya dan mengembangkan literasinya.
Downloads
References
Irianto dan Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Educational and Language International Conference Proccedings, May 2017, 640-647.
Nuraini, C. (2015). Upaya Pencapaian Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 dengan Membangun Budaya Literasi. Riksa Bahasa, Volume 1, Nomor 1, Maret 2015, 65-71.
Sari, E.D.L; Mursalim, -; dan Murtadlo, A. (2017). Pengembangan Teknik Pembelajaran Menulis dan Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Ilmu Budaya, Vol.1, No.4, 341-351.
Supiandi. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi dengan Menggunakan “Program Kata” di SMA Muhammadiyah Toboali Kab. Bangka Selatan. STUDIA, Vol. 1 No. 1 Mei 2016, 93-106
Tantri dan Dewantara. (2017). Keefektifan Budaya Literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209.
Yussof, et.al. (2013). Students’Reading Comprehension Performance with Emotional Literacy-Based Strategy Intervention. International Journal of Education & Literacy Studies, 1 (1), 82-88.
Zees, et.al. (2018). Comparison of a Student and a Professional Writer’s Literacy Competence as Reflected in their Bussiness E-mails diterbitkan pada International Journal of Education & Literacy Studies, 6(4), 65-75.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Juliantari, I Komang Badra, I Gusti Ayu Adi Rahayuni, Ni Ketut Erna Muliastrini, I Wayan Jatiyasa, Ni Wayan Apriani, I Ketut Paang Arjawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.