PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT PADA ANAK-ANAK, REMAJA dan WARGA PERUMAHAN VILLA MUTIARA CINERE RT 006 RW 011

Authors

  • Miatin Rachmawati Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta Selatan Indonesia
  • Abdul Hisyam Sulaeman Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta Selatan Indonesia
  • Aulia Nur Fadilla Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta Selatan Indonesia
  • Dahlia Nur Sakinah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Fathur Rohman Romadon Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Hafizh Khairul Ikhlash Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Irna Awliyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Irsyad Hisyam Rakasiwi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Legi Agustin Husainy Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Mudalipah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Nabilla mathina Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Suci Restu Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i3.2506

Keywords:

KKS, PAI, PBA, PS

Abstract

Kuliah Kerja Sosial (KKS) salah satu kegiatan akhir yang dilaksanakan setiap tahunnya dan melibatkan peranan mahasiswa, khususnya mahasiswa UHAMKA FAI semester VIII Angkatan 2020 sebagai bentuk pengabdian nyata kepada masyarakat sehingga ilmu yang sudah didapat selama perkuliahan dapat direalisasikan serta diamalkan Kegiatan KKS kelompok 20 telah dilaksanakan di wilayah perumahan villa mutiara Cinere, Grogol,Limo,Depok, Jawa barat. Kegiatan KKS direalisasikan pada tanggal 1 Februari 2024, yang berlangsung selama 3 Minggu. Anggota kelompok terdiri dalam satu Fakultas dengan tiga prodi yang berbeda sehingga kegiatan-kegiatan yang di tuangkan dalam KKS beragam dan tidak hanya fokus kepada satu bidang saja. Seperti, program PAI dan PBA yang digabungkan kemudian nantinya diaplikasikan kepada anak-anak yang ada di Musholla Nurul iman dengan metode belajar sekaligus berkomunikasi non formal yang bertujuan agar murid ajar tidak mudah bosan dan merasa sangat senang selama kegiatan berlangsung. Selanjutnya program PS melangsungkan kegiatannya Seminar yang Berjudul Edukasi Menabung Sejak Kepada anak-anak Tahsin Nurul iman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru, A. (2021) “Pemberdayaan Masyarakat Desa Benteng Paremba Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Dalam Bidang Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan,” Pangulu Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), hal. 19–28. doi: 10.24252/pangabdi.v1i01.26284.

Asnita, D. et al. (2023) “Pemberdayaan remaja melalui pengajian tahsin dan pendidikan agama,” 2(2), hal. 27–38.

Iskandar, I. dan Amirullah, M. (2020) “Pelaksanaan Dirasah Qur’aniyah sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Baca Al-Qur’an di Desa Tukamasea Kabupaten Maros,” WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), hal. 42–53. doi: 10.36701/wahatul.v1i1.135.

Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D. dan Nafingah, N. (2020) “Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book,” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), hal. 16–23. Tersedia pada: https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1037.

Eli, Z. F. (2023) “Pembinaan dan pelatihan tahsin qiro’ah al quran pada jama’ah mesjid al muqorrobin desa pal ix kecamatan sui kakap kabupaten kubu raya,” Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9, hal. 14–24.

Downloads

Published

2024-03-11