EDUKASI PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KESADARAN BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN PADA SISWA/SISWI MADRASAH TSANAWIYAH DESA BALIASE

Authors

  • Suaib Universitas Widya Nusantara
  • I Made Rio Dwijayanto Universitas Widya Nusantara
  • Benny Harry L Situmorang Universitas Widya Nusantara
  • Agnes Erlita Distriani Universitas Widya Nusantara
  • Sinta Universitas Widya Nusantara
  • Silfani A Mahadali Universitas Widya Nusantara
  • Putri Amalia M. Dahlan Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.2047

Keywords:

Penyuluhan, Remaja, Kesehatan

Abstract

Pengabdian Kesehatan Masyarakat (PKM) merupakan suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman belajar, serta mengenal masalah pembangunan yang terjadi dikalangan masyarakat. Kegiatan PKM yang dilakukan adalah penyuluhan dengan tema “Bahaya Merokok Terhadap Kesehatan”. Sasaran dari kegiatan ini adalah para remaja Madrasah Tsanawiyah Desa Baliase. Hal tersebut karena masih ditemukan banyak remaja yang merokok dilingkungan sekolah, mereka masih mengabaikan dampak jangka panjang yang ditimbulkan dari rokok bagi kesehatan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Tujuan pelaksanaan penyuluhan ini adalah untuk mengedukasi para siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Desa Baliase sehingga dapat menerapkan perubahan perilaku kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik sadar akan kesehatan diri dan lingkungan sekitar, serta menciptakan kawasan tanpa rokok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affan, D & Ence I. (2023) ‘Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Pengetahun Pada Remaja Tentang Bahaya Merokok Di SMPN 2 Rancaekek Kabupaten Bandung’, Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(3), pp. 515–520.

BPS. 2020. Badan Pusat Statistik 2020 Prevalensi Perokok Remaja Pada Populasi Usia 10-18 Tahun. Kementrian Kesehatan.

Hulu, Vera Christina, and Mei Ferita Zai. 2021. “Pengaruh Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Merokok Di Smp Pencawan School Medan Tahun 2019 the Influence of Health Promotion Media on Adolescent Knowledge About the Dangers of Smoking At Smp Pencawan School Medan in 2019.” Public Health Journal 7 (2): 73–82. Kementerian Kesehatan RI. 2020. “Dampak Konsumsi Tembakau.” FAKTA TEMBAKAU.

Downloads

Published

2023-12-30