PEMAHAMAN MEMBACA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BINAR ILMU (FOKUS PADA MENGULAS PARAGRAPH)

Fokus Pada Mengulas Paragraph

Authors

  • Riyadh Ahsanul Arifin Universitas Ma'soem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.2038

Keywords:

Reading Comprehension, Siswa

Abstract

Reading Comprehension adalah skill atau kemampuan untuk memahami apa yang dibaca. Dalam membaca, terkadang siswa kesulitan memahami apa yang disampaikan oleh penulis dari teks yang sudah disusun. melalui kemampuan ini, seseorang dapat memahami apa yang dimaksud oleh penulis, kemudian ia membangun makna dan pemahaman bacaan sendiri. Sebagai contoh, seseorang membaca sebuah artikel di internet mengenai di balik kesehatan minum air putih. Dari artikel tersebut, pembaca menemukan beberapa teks yang sulit dipahami. Hal itu bisa berupa kosakata baru atau makna di balik teks. Melalui reading comprehension, perlahan-lahan pembaca dapat memahaminya dengan baik dan menuliskan ulang artikel tersebut sesuai dengan pemahamannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barowski, J. (2023. November 21). “Reading Comprehension Definition, Types & Strategies”. https://study.com/academy/lesson/what-is-reading-comprehension.html

Brown, A. (1987). Metacognition, executive control, self-regulation, and other more mysterious mechanisms. Metacognition, motivation, and understanding, 65–116.

Herrity, J. (2023. March 23). “7 Simple Strategies To Improve Reading Comprehension”.https://www.indeed.com/career-advice/career-development/reading-comprehension-improvement-strategies

Kamgar, N., & Jadidi, E. (2016). Exploring the Relationship of Iranian EFL Learners Critical Thinking and Self-regulation with their Reading Comprehension Ability. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 776–783. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016. 10.105.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar&Menengah.

Phillips, D. (2001). [Deborah_Phillips]_Longman.pdf. Wesley Longman Inc.

Wasid, Iskandar&Sunendar, Dadang. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-30