PELATIHAN BATIK TULIS DI CELEBAN TAHUNAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Authors

  • Aldila Rahfa Putri Mulyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Amanda Salsabila Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Alfa Taulia Ichsanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Berti Lisia Masitoh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nusarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.1980

Keywords:

Batik Tulis, Desain Dan Motif

Abstract

Batik tulis merupakan bentuk seni yang melibatkan desain gambar dan motif pada bahan dasar seperti kain dengan cara yang bebas dan menyeluruh. Batik tulis merupakan salah satu dari berbagai jenis batik diantaranya ada batik tulis, batik ikat, dan batik kain. Proses pembuatan batik tulis melibatkan penggunaan kuas atau canting untuk menghubungkan warna dan desain pada kain. Batik tulis memiliki corak dan warna yang bebas, tidak terikat seperti model batik tradisional. Tahap pelaksanaan dalam pembuatan batik tulis memiliki kepentingan yang besar karena setiap tahapan merupakan bagian integral dari proses pembuatan kain batik tulis, ada beberapa tahapan-tahapan yang dilakukan, tahapan tersebut meliputi pembuatan pola, memindahkan pola ke kain, meletakkan lilin sesuai pola, pemberian warna, dan tahapan lainnya. Setiap tahapan memerlukan keterampilan khusus dan ketelitia sehingga keseluruhan proses harus diikuti dengan penuh kesabaran dan keahlian untuk menghasilkan batik tulis yang berkualitas tinggi. Proses ini juga melibatkan beberapa orang yang ahli dalam tiap tahapan sehingga menjaga keaslian dan kualitas batik tulis. Oleh karena itu, tahap pelaksanaan dalam pembuatan batik tulis memegang peran penting dalam melestarikan warisan budaya tradisional Indonesia dan menghasilkan produk batik tulis berkualitas tinggi. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan keahlian, pengetahuan, sikap tertentu dalam proses peningkatan potensi diri sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah, serta ingin menambah wawasan anak-anak tentang bagaimana proses batik tulis yang belum mereka dapatkan saat di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. P., & Hastuti, R. (2017). Identifikasi Persentase Printing, Batik Tulis, dan Batik Cap di Blok VIP International Batik Center (IBC) Pekalongan. Litbang Kota Pekalongan, 12.

Ciptandi, F., Sachari, A., & Haldani, A. (2016). Fungsi dan Nilai pada Kain Batik Tulis Gedhog Khas Masyarakat di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 26(3), 261–271.

Die, D. B. W., Dewikartika, A., Nurdin, F. H., Farika, N. S., Pratiwi, S., Dewi, A. U., Widowati, & Rufaidah, D. (2023). Pelatihan Batik Jumputan Bagi Siswa SD NU Pemanahan dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Ejoin: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 500–5005.

Larasati, F. U., Aini, N., & Irianti, A. H. S. (2021). Proses Pembuatan Batik Tulis Remekan di Kecamatan Ngantang. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana.

Samsi, S. (2007). Teknik dan Ragam Hias Batik. Paguyuban pecinta Batik Indonesia Sekarjagad.

Trixie, A. A. (2020). Filosofi Batik sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Folio: Journal of Fashion Product Design&Business, 1(1), 1–9.

Downloads

Published

2023-12-25