PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SDK MANLETEN KABUPATEN BELU
DOI:
https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i10.1630Keywords:
Pelatihan, Media Pembelajaran, Berbasis OnlineAbstract
Pandemic kovid-19 menghambat proses pembelajaran disemua jenjang pendidikan termasuk jenjang pendidikan sekolah dasar (SD). Proses pembelajaran yang awalnya berbasis manual atau face to face mengalami transformasi berbasis online atau belajar dari rumah (BDR), proses pembelajaran online menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi. Dalam menghadapi transformasi para murid SDK Manleten menghadapi sebuah tantangan besar dikarenakan tidak mampu dalam menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis online sehingga proses pembelajaran yang diterapkan pada masa pandemic adalah materi yang diberikan dalam bentuk Pekerjaan Rumah (PR). Berdasarkan survey awal tim pengabdi mendapatkan temuan bahwa proses pembelajaran online yang telah diterapkan tidak optimal dikarenakan minimnya penjelasan dari guru sehingga para murid SDK Manleten merasa kurang memahami materi yang diberikan. Dalam menghadapi tantangan ini maka diselenggarakannya PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SDK MANLETEN, sasaran pengabdian ini murid Sekolah Dasar Kelas 6 dikarenakan pada masa pandemic murid kelas 6 diharuskan melaksanakan proses pembelajaran berbasis online. Kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan penggunaan media pembelajaran daring. Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan penggunaan aplikasi google meet, aplikasi word dan aplikasi power point. Pelatihan penggunaan ketiga aplikasi ini berdasarkan hasil kuesioner awal sebagaian besar murid-murid tidak tahu cara penggunaan aplikasi pembelajaran online dimasa pandemic. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pengabdian ini adalah observasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini memiliki target yaitu diharpakan murid-murid dapat mengetahui dan mengaplikasikan media pembelajaran online setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan ini
Downloads
References
Ananda, R. (2019). Rencana Pembelajaran (Amirudin (ed.); 1st ed.).
Andrew Fernando Pakpahan & DKK. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah (1st ed.). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Ilmiah/okoyEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=observasi+dalam+penelitian&pg=PA102&printsec=frontcover
Atsani Wulansari1, Arum Nisma Wulanjani2, Gilang Fadhilia Arvianti3, Candradewi Wahyu Anggraini4, E. R. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL ABDIMAS BSI, 4(2), 328–334. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10551.g4961
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran (Bunga sari fatmawati (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Mistar, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Online. Warganet. https://www.mistar.id/warganet/pengembangan-media-pembelajaran-berbasis-aplikasi-online/
MURTI, A. A.-A. E. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SD INPRES 12/79 POLEWALI KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE [Universitas Muhammadiyah Makassar.]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/15653-Full_Text.pdf#:~:text=Hasil Penelitian adalah sebagai berikut %3A 1%29 Penggunaan,pembelajaran yang berbasis online dengan menggunakan media WhatsApp.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.