PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM MADU ASLI LEMBENG MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Nor Mila Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • M. Alfauji Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Muhammad Wahyu Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Muhammad Aldianoor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Dewi Mayang Sari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Risma Effendy Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Zaimah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Yelita Rahmasari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Yuniza Latika Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Hana Zetyda MDG Baso Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1579

Keywords:

Lembeng, Digital Marketing, Madu, UMKM

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia perlu inovasi dan strategi dalam pemasaran produk untuk mencapai keberhasilan dan kestabilan UMKM dalam menghadapi Society 5.0. Usaha penjualan madu merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek sangat tinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan produksi madu belum sebanding dengan permintaannya. Madu merupakan cairan alami yang memiliki rasa manis dengan kandunganan zat gula yang dihasilkan oleh lebah yang berasal dari nektar tanaman. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dengan salah satu masyarakat UMKM madu asli desa Lembeng. Beberapa potensi yang dimaksimalkan dalam strategi product branding seperti pendampingan penjualan digital, perencanaan pembuatan logo dan pembaharuan botol sekaligus pembuatan lokasi penjual di google map.                                        

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirah, Anandah. “IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM MADU LEBAH KLANCENG” 03, no. 01 (t.t.).

Irawan, Dwi, dan Muhammad Wildan Affan. “PENDAMPINGAN BRANDING DAN PACKAGING UMKM IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DI KOTA MALANG.” Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu) 1, no. 1 (7 Februari 2020). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188.

L.J., Meleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Nur’aeni, E, D A M Lidinillah, L Nur, A Setiawan, dan E Apriyaningsih. “PENGEMBANGAN DIGITALPRENEURSHIP MELALUI MODEL QUADRUPLE HELIX UNTUK MAHASISWA BIDIKMISI DI UPI KAMPUS TASIKMALAYA” 01 (2018).

Primadewi, Ardhin, Tulkhah Mubasyir Anwar, Yustin Yustin, Afan Hafara Sani, dan Miftakhul Fauzi. “PENGUATAN PEMASARAN PRODUK UMKM ASHFA MADU BOROBUDUR MELALUI STRATEGI PRODUCT BRANDING.” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 26, no. 3 (3 Juni 2020): 154. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683.

Suci, Yuli Rahmini. “PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA,” t.t.

Downloads

Published

2023-09-21