PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM MADU ASLI LEMBENG MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1579Keywords:
Lembeng, Digital Marketing, Madu, UMKMAbstract
Perkembangan UMKM di Indonesia perlu inovasi dan strategi dalam pemasaran produk untuk mencapai keberhasilan dan kestabilan UMKM dalam menghadapi Society 5.0. Usaha penjualan madu merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek sangat tinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan produksi madu belum sebanding dengan permintaannya. Madu merupakan cairan alami yang memiliki rasa manis dengan kandunganan zat gula yang dihasilkan oleh lebah yang berasal dari nektar tanaman. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dengan salah satu masyarakat UMKM madu asli desa Lembeng. Beberapa potensi yang dimaksimalkan dalam strategi product branding seperti pendampingan penjualan digital, perencanaan pembuatan logo dan pembaharuan botol sekaligus pembuatan lokasi penjual di google map.
Downloads
References
Amirah, Anandah. “IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM MADU LEBAH KLANCENG” 03, no. 01 (t.t.).
Irawan, Dwi, dan Muhammad Wildan Affan. “PENDAMPINGAN BRANDING DAN PACKAGING UMKM IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DI KOTA MALANG.” Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu) 1, no. 1 (7 Februari 2020). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188.
L.J., Meleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Nur’aeni, E, D A M Lidinillah, L Nur, A Setiawan, dan E Apriyaningsih. “PENGEMBANGAN DIGITALPRENEURSHIP MELALUI MODEL QUADRUPLE HELIX UNTUK MAHASISWA BIDIKMISI DI UPI KAMPUS TASIKMALAYA” 01 (2018).
Primadewi, Ardhin, Tulkhah Mubasyir Anwar, Yustin Yustin, Afan Hafara Sani, dan Miftakhul Fauzi. “PENGUATAN PEMASARAN PRODUK UMKM ASHFA MADU BOROBUDUR MELALUI STRATEGI PRODUCT BRANDING.” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 26, no. 3 (3 Juni 2020): 154. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683.
Suci, Yuli Rahmini. “PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA,” t.t.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.