PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT MATHEMATICS SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH ALJABAR LINIER

Authors

  • Bettri Yustinaningrum IAIN Takengon
  • Leni Agustina Daulay IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1457

Keywords:

Training, Microsoft Mathematics, Linear Algebra

Abstract

Aljabar linier merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa TMA IAIN Takengon. Aljabar linier memiliki konsep abstrak sehingga menyulitkan mahasiswa untuk memahami konsep dan meyelesaikan soal-soal. Untuk membantu mahasiswa memahami aljabar linier diperlukan media pembelajaran berupa software matematika yang mendukung pembelajaran seperti aplikasi microsoft mathematics. Aplikasi microsoft mathematics merupakan perangkat lunak seperti kalkulator yang membantu mahasiswa bukan hanya memberi jawaban tetapi juga memberikan langkah penyelesaian soal. Oleh karena itu, untuk membantu mahasiswa dalam belajar aljabar linier diperlukan pelatihan penggunaan aplikasi microsoft mathematics. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa microsoft mathematics membantu mahasiswa memahami konsep dan menyelesaikan soal-soal terkait aljabar linier. Mahasiswa juga antusias mempelajari microsoft mathematics lebih dalam untuk dapat membantu dalam menyelesaikan soal mata kuliah lain seperti kalkulus dan statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bano, E. N., Markus, F., Blegur, A., Mada, G. S., Binsasi, E., Pertanian, F., Timor, U., & Indonesia, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Inovasi Pembelajaran Matematika Melalui Perangkat Lunak Microsoft Mathematics dan GeoGebra bagi Guru-guru SMA dan SMP di Wilayah Kota Kefamenanu dan Noemuti. Bakti Cendana, 05(2), 58–69.

Djafar, D., Wahyuni, E. I., & Reziyustikha, L. (2019). Kuliah Aljabar Linear ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Informatika Akademi Manajemen Belitung ). PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1), 29–33.

Hanifah, A. I., & Masruroh. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. J-PiMat, 4(1), 437–442.

Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Al-Asma:Journal of Islamic Education, 1(1), 42–51.

Ruswana, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 293–299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.111

Salasiyah, C. I. (2017). Pengembangan Modul Aljabar Linier Untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 146–156.

Saputra, E., Bahri, S., & Fahrizal, E. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Pada Mata Kuliah matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. Jurnal Nu, 6(2), 212–217.

Utami, Y., Rasmana, P. M., & Khairunnisa. (2023). Pelatihan Microsoft Mathematics Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1755–1760.

Yuliani, S., B.V., R., & Mashuri. (2012). Penerapan Diagonalisasi Matriks Dan Matriks Leslie dalam Memproyeksikan Jumlah Populasi Perempuan. UNNES Journal of Mathematics, 1(2), 52–59.

Downloads

Published

2023-09-03