Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Buse

Authors

  • Adi Abdurahman Institut Miftahul Huda Subang

Keywords:

STAD, Student Learning Outcome

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis Penelitian yang digunakan ialah penelitian Quasy Experiment Design. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada kelas V SDN Buse menunjukkan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa, model pembelajaran STAD memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas. kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD  memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,25. Sehingga dari hasil uji-t Paired Sample-Test yang telah diperoleh, diketahui bahwa nilai signifikansi > 0,05 maka H diterima dan H ditolak. Kemudian dari hasil tersebut maka hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Achievement Divison (STAD) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social sangat berpengaruh.

References

Abrori, A. N. &, & Sumadi, C. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. 1(4), 296–315.

Afiyah Wildah Rahayu dkk. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning “One Board” terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches Vol. 4 No. 2, April 2024.

Arsiwi, A. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket Peserta Didik Kelas VIII. 8.5.2017, 1– 177.

Atep Lesmana, Hany Handayani , Mubarok Somantri , Siti Aisah, N. W. (2022). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(4), 1411–1421.

Atmojo, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas X Di SMA Negeri 1 Gubug. November, 471–480

Budiman, Rouf, T., & Budiman, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Passing dalam Sepak Bola. Jpoe, 3(1), 42–49.

Heristiyadi, D., & Prapanca, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Driyorejo. Jurnal IT-EDU, 6(2), 170–176.

Kamaruddin, I., Kamadi, L., Yasriuddin, Y., & Rahmat, A. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Majene. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 312–321.

Manasikana, O. A., & dkk. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru IPA SMP. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng.

Downloads

Published

2025-06-19