Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di SDN Telok

Authors

  • Ridwan Habibi Institut Pendidikan Nusantara Global

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Example non Example

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri  Telok tahun pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan metode one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri  Telok yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sample dengan mengunakan sampling jenuh dan di peroleh sampel sebanyak 30 siswa. penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa hasil belajar siswa dengan mengunakan model example non example termasuk kategori baik dengan rata-rata 84,27 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,731 artinya rhitung (0,731) ≥ rtabel (0,361) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri  Telok Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung ≥ ttabel yaitu 5,858 ≥ 1.701 sehingga menyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri  Telok.

References

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Khairunnisa, Dea & Supriansyah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6 (4), 7426- 7432.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rahman , S. A., Syafaruddin, S., Haruna, R. H., Mustaring, N. I., & Wildaniyah, W. (2024). Penerapan Metode Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 3 Benda di Sekitarku pada Siswa Kelas III UPTD SDN 66 Kanjitongan Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5093–5098.

Akbar, A., Wahid, A., Bahri, S., Ansar, A., & Nur, A. (2023). Penerapan Sistem Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Nasional. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 119–130.

Aktay, Sayim. (2022). The usability of Images Generated by Artificial Intelligence (AI) in Education. International Technology and Education Journal, 6(2), 51–62.

Nasrah, & Muafiah, A. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101

Tasman, M. H., Amelia, N. D., & Umam, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4770–4775.

Downloads

Published

2025-06-17