Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Bunut Baok
Keywords:
Media Pembelajaran, Teknologi dan InformasiAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang digunakan dalam proes pembelajaran. Media pembelajaran dirancang sebaik mungkin untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Di era globalisasi ini media pembelajaran semakin maju. Penggunaan Teknologi Informasi sebagai media pemeblajaran sudah merupakan sebuah tuntutan. Guna meningkatkan efektifittas dan efesiensi pembelajaran, perlu dikembangkan berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk kebutuhan sekolah, meningkatkan ketertarikan pada pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. SDN 1 Bunut Baok. Pada prosedur penelitian dimulai dengan penulis melakukan wawancara untuk mengetahui penulisan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Bunut Baok. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru SDN 1 Bunut Baok dan objek penelitianan yang akan diteliti adalah siswa SDN 1 Bunut Baok. Hasil media ini berupa pembelajaran berbasis teknologi yaitu dengan media power point. Penelitian ini untuk melihat apakah media power point dapat menarik siswa dalam pembelajaran menggunakan teknologi.
References
Hidayah, (2024) Penggunaan Teknologi Pendidika dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru Sekolah Dasar: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 5456-5463.
Melati,E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mukhtar, H. (2021). Kompetensi guru dan sarana teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada masa Covid-19. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(1), 87–101.
Pranoto, P. (2021). Pemanfaatan Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA tentang Sruktur Tanah. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 15–20.
Pristiwanti D, Bai Badariah,dkk (2022) pendidikan dan karakter Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). 7911-7923
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163–172.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.
Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring pada guru sekolah dasar di era covid-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168.
Yulaikah, I., Rahayu, S., & Parlan, P. (2022). Efektivitas pembelajaran stem dengan model pjbl terhadap kreativitas dan pemahaman konsep ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(6), 223–229.