Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di SDN Telok
Keywords:
PBL, Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang mengajar siswa sekolah dasar, khususnya SDN Telok pengajaran masih menggunakan metode lama tidak mengembangkan kemampuan peserta didik sehingga menunjukkan keterampilan proses sains peserta didik rendah. Oleh karena itu, peneliti akan merancang dan melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses sains Siswa di SDN Telok ”. Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi.sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Berdasrkan data yang didapatlan tertera bahwa juumlah siswa yang memiiki keterampilan proses sains yang awalnya hanya 14 naik menjadi 25 siswa. Atau dari 46,6% menjadi 83,3%. Sehingga Untuk itu model pembelajaran Problem Based Learning mampu memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains.
References
Achayani, Rahajeng, dkk. (2024). “Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II Sekolah Dasar,” Journal THEOREMS 8, no. 2: 309–321,
Angelia, Y. 2022. Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 5. 8296 – 8303.
Ariska, I., Wulandari, F. E. 2021. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Academia Open. Vol.4 Tahun 2021.
Atikah, and Nurul Istiq’faroh. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Di Kelas III SDN Sidoklumpuk.” Nusantara Educational Review 1, no. 1 (23– 32).
Fauzia, Hadist Awalia. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD.” Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 1: 16–22
Hikmatin Asyrofa, Mutiara, Tria Mardiana, and Kun Hisnan Hajron. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Donat Pecahan Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.” University Research Colloquium (URECOL), p.322–30
Samantha S, Carol A. Mullen, Emily T. Boyles. (2021). "Problem-Based Learning in Elementary School". Inggris: Springer International Publishing.
Sabrina, Lulu, Munadi, and Isnaini. (2023). “Analysis of Student’s Mathematical Literacy Ability in Solving Story Problems.” Journal of Higher Education Theory and Practice 23, no. 16: 143–57
Sri Damayanti, N, P., 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Vol. 5 No. 2.
Vebrianto Rian,dkk. (2021). "PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SD/M"I. Pekanbaru: CV. DOTPLUS Publisher Verliyanti, 2021. Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 6 No 1
Yuliani, P., Restu, 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan. Vol. 6 – No. 1. 497-502
Zuhra, F., Nurhayati, & Septian, 2021. “Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Ipa Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Era New Normal,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5, no. 2 (2021): 396–404.