DAYA SAING INDONESIA DALAM EKSPOR KOPI DUNIA
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.599Abstract
Kopi adalah salah satu produk pertanian yang menjadi produk ekspor utama Indonesia. Produksi kopi di Indonesia sendiri tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia tidak hanya di pulau jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing Indonesia dalam eskpor kopi dunia ke lima pasar utama di dunia yaitu Amerika Serikat, Mesir, Spanyol, Jepang dan Malaysia. Penelitian kami menggunakan data kuantitatif dengan jenis time series dengan deret waktu (2016-2020) yang diambil dari berbagai sumber seperti (International Coffee Organization) ICO, Trademap, dan (Badan Pusat Statistika) BPS. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil dari penelitian kami, didapati bahwa terdapat daya saing komparatif yang tinggi terhadap kelima negara tersebut. RCA tertinggi diduduki oleh negara Mesir.
Downloads
References
ICO. 2020. Total Production of Exporting Countries. http://www.ico.org. [Diakses Desember 2022]
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Indonesia 2020. Jakarta (ID) : BPS
United States Department of Agriculture Foreign Agricultural Service (USDA).2022.Coffee: World Markets and Trade
Manalu,D., Harianto, Suharno, Hartoyo, S. (2019). Coffee: World Markets and Trade. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 3(4), 830-839.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Kopi Indonesia 2021. Jakarta (ID) : BPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.