DAYA SAING INDONESIA DALAM EKSPOR KOPI DUNIA

Authors

  • Bril Lyan Haska Pasolonk Politeknik APP, Jakarta, Indonesia
  • Jian Maulia Juniar Politeknik APP, Jakarta, Indonesia
  • Mutiara Maharani Politeknik APP, Jakarta, Indonesia
  • Rexabel Rizq Raviqois Politeknik APP, Jakarta, Indonesia
  • Rifdah Putri Adelia Politeknik APP, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.599

Abstract

Kopi adalah salah satu produk pertanian yang menjadi produk ekspor utama Indonesia. Produksi kopi di Indonesia sendiri tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia tidak hanya di pulau jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing Indonesia dalam eskpor kopi dunia ke lima pasar utama di dunia yaitu Amerika Serikat, Mesir, Spanyol, Jepang dan Malaysia. Penelitian kami menggunakan data kuantitatif dengan jenis time series dengan deret waktu (2016-2020) yang diambil dari berbagai sumber seperti (International Coffee Organization) ICO, Trademap, dan (Badan Pusat Statistika) BPS. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil dari penelitian kami, didapati bahwa terdapat daya saing komparatif yang tinggi terhadap kelima negara tersebut. RCA tertinggi diduduki oleh negara Mesir.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Jian Maulia Juniar, Politeknik APP, Jakarta, Indonesia

Kopi adalah salah satu produk pertanian yang menjadi produk ekspor utama Indonesia. Produksi kopi di Indonesia sendiri tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia tidak hanya di pulau jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing Indonesia dalam eskpor kopi dunia ke lima pasar utama di dunia yaitu Amerika Serikat, Mesir, Spanyol, Jepang dan Malaysia. Penelitian kami menggunakan data kuantitatif dengan jenis time series dengan deret waktu (2016-2020) yang diambil dari berbagai sumber seperti (International Coffee Organization) ICO, Trademap, dan (Badan Pusat Statistika) BPS. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil dari penelitian kami, didapati bahwa terdapat daya saing komparatif yang tinggi terhadap kelima negara tersebut. RCA tertinggi diduduki oleh negara Mesir.

References

ICO. 2020. Total Production of Exporting Countries. http://www.ico.org. [Diakses Desember 2022]

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Indonesia 2020. Jakarta (ID) : BPS

United States Department of Agriculture Foreign Agricultural Service (USDA).2022.Coffee: World Markets and Trade

Manalu,D., Harianto, Suharno, Hartoyo, S. (2019). Coffee: World Markets and Trade. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 3(4), 830-839.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Kopi Indonesia 2021. Jakarta (ID) : BPS

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Pasolonk, B. L. H., Juniar, J. M., Maharani, M., Raviqois, R. R., & Adelia, R. P. (2023). DAYA SAING INDONESIA DALAM EKSPOR KOPI DUNIA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 624–632. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.599