PEMBELAJARAN BERDIFERESIASI DAN PENERAPANNYA
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534Keywords:
Pembelajaran Diferensiasi, Evolusi Pembelajaran, PenerapanAbstract
Belajar adalah sebuah evolusi yang melibatkan berbagai pihak. Belajar bukan hanya tugas guru. Pembelajaran berdiferensiasi adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris differentiated instruction. Dalam KBBI, pembelajaran berdifferensiasi adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa. Rumusan masalah Dari Penelitian Ini Adalah 1. Apa pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi? 2. Bagaimana penerapan pembelajaran Berdiferensiasi dalam kegiatan pembelajaran ? Dan Tujuan Penulisan Ini Adalah Berdasarkan judul dan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: ”Untuk Mengetahui pengertain dan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Downloads
References
Modul guru Penggerak Paket Modul 2 Pembelajaran berpihak pada murid. Kemendikbud Rset dan teknologi, tahun 2022
Ini adalah terjemahan bebas dari artikel yang dipublikasikan melalui website https://inservice.ascd.org/7-reasons-why-differentiated-instruction-works/)
Diadaptasi dari How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms, 3rd Edition, oleh Carol Ann Tomlinson, Alexandria, VA: ASCD. ©2017 oleh ASCD. Hak cipta terdaftar.
Beberapa contoh strategi disini diambil dari artikel yang berjudul “27 easy formative assessment strategies for gathering evidence of student learning” yang dapat diakses melalui tautan berikut ini https://www.nwea.org/blog/2019/27-easy-formativeassessment-strategies-for- gathering-evidence-of-student-learning/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.