PEMBELAJARAN BERDIFERESIASI DAN PENERAPANNYA

Authors

  • Mahfudz MS Sd Negeri Sdn Kaliasin V /284 Kecamatan Genteng Kota Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Keywords:

Pembelajaran Diferensiasi, Evolusi Pembelajaran, Penerapan

Abstract

Belajar adalah sebuah evolusi yang melibatkan berbagai pihak. Belajar bukan hanya tugas guru. Pembelajaran   berdiferensiasi   adalah   istilah   yang   berasal   dari    bahasa Inggris differentiated instruction. Dalam KBBI, pembelajaran berdifferensiasi adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa. Rumusan masalah Dari Penelitian Ini Adalah 1. Apa pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi? 2. Bagaimana penerapan pembelajaran Berdiferensiasi dalam kegiatan pembelajaran ? Dan Tujuan Penulisan Ini Adalah Berdasarkan judul dan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: ”Untuk Mengetahui pengertain dan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Modul guru Penggerak Paket Modul 2 Pembelajaran berpihak pada murid. Kemendikbud Rset dan teknologi, tahun 2022

Ini adalah terjemahan bebas dari artikel yang dipublikasikan melalui website https://inservice.ascd.org/7-reasons-why-differentiated-instruction-works/)

Diadaptasi dari How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms, 3rd Edition, oleh Carol Ann Tomlinson, Alexandria, VA: ASCD. ©2017 oleh ASCD. Hak cipta terdaftar.

Beberapa contoh strategi disini diambil dari artikel yang berjudul “27 easy formative assessment strategies for gathering evidence of student learning” yang dapat diakses melalui tautan berikut ini https://www.nwea.org/blog/2019/27-easy-formativeassessment-strategies-for- gathering-evidence-of-student-learning/

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

MS, M. (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERESIASI DAN PENERAPANNYA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534