PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 PANGANDARAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.527Keywords:
Sarana, Prasarana, Pengadaan, Pemanfaatan, PemeliharaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengadaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana pendidikan di SMA Negeri 1 Pangandaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, karena penelitian ini memberikan gambaran secara alami tentang permasalahan yang ada melalui analisis terhadap keadaan yang sebenarnya yaitu mengenai pengadaan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidkan di SMA Negeri 1 Pangandaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan model interaktif ini terdiri atas tiga hal utama, yaitu ; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian adalah (1) Proses pengadaan sarana dan prasarana yang dilakukan dengan berkonsultasi dengan tim pengembang sekolah, disesuaikan dengan alokasi dan program prioritas kegiatan sekolah (2) Sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Pangandaran telah dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah. Pemanfaatan sarana dan prasarana seperti disesuaikan dengan materi dan metode yang akan digunakan oleh guru mata pelajaran. Guru tersebut mempunyai tanggung jawab penuh dalam pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan, dan (3) Pemeliharaan Sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Pangandaran telah dilaksanakan secara optimal, hal ini dibuktikan dengan terlaksananya pemeliharaan yang ditinjau dari sifatnya seperti pengecekan, Pencegahan, dan perbaikan ringan dan berat dan Pemeliharaan yang ditinjau dari waktunya seperti pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala.
Downloads
References
Alimi, dkk. (2012). School Types, Facilities and Academic Performance of Students in Senior Secondary Schools in Ondo State, Nigeria : International Education Studies, 5 (3), 44-48.
Asiyai, Romina Ifeoma. (2012). Assessing School Facilities in Public Secondary Schools in Delta State, Nigeria. An International Multidisciplinary Journal, Ethiopia, 6(2), 192-205.
Ayeni, Adelou & Adelabu. (2012). Improving learning infrastructure and environment for sustainable quality assurance practice in secondary schools in Ondo State, South-West, Nigeria. International Journal of Research Studies in Education, 1(1), 61-68.
Darmawan, Bowang. (2014). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan, 6(2), 94-102.
Ibrahim, B. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah : Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ismawati, Esti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room To Students Through The Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research,7(7).
Mustari. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Orunaboka, Tamunobelema Tammy dan Emeka Augustine Nwachukwu. (2012). Management of Physical Education Facilities, Equipment and Supplies in Secondary Schools in Nigeria: issues and challenges. Journal of Education and Practice, 3(3), 43-47.
Republik Indonesia. (2003). Undang- Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Xaba, M I. (2012). A Qualitative Analysis of Facilities Maintenance — a School
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.