PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • RIRIN PUJI UTAMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.400

Keywords:

media pembelajaran, google sites, IPA

Abstract

Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran merupakan adalah satu skill yang harus dimiliki guru pada abad 21. Ini Teknologi dalam pembelajaran dapat diaplikasikan dalam pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah google sites. Google sites merupakan aplikasi untuk membuat web yang gratis dan memiliki banyak fitur menarik untuk dikreasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis google sites dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Pemanfaatan yang ingin diketahui di sini terkait keefektifan, motivasi siswa, dan tingkat pemahaman materi, pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis google sites. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunge 2 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, dengan subjek penelitian siswa kelas VI Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian, tampak bahwa implementasi media pembelajaran berbasis google sites pada pembelajaran IPA ditinjau dari keefektifan, motivasi, dan pemahaman siswa masuk dalam kategori baik (tinggi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, J. (2016). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Mengulang Pelajaran dengan yang Tidak Mengulang Pelajaran di Rumah pada Mata Pelajaran PPKN di SMA Negeri 9 Pekanbaru.

Fernando, S., Sabri, T., PGSD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, P., & Author, C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah. Journal Tunas Bangsa, 9(1), 18–32. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

Hamzah, N. L. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran . PT. Bumi Aksara.

Nurani, D., Anggraini, L., & Misiyanto. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Edisi Sekolah Dasar.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.

Pertiwi, N. P. E. W. P., Suarjana, I. M., & Ni Wayan, A. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. JP2, 2(3).

Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 153–162.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google sites dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Rubhan Masykur, & Nofrizal, M. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 179.

Sulasmianti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Web Memanfaatkan Google sites. 9(2), 1–66.

Suryanto, D. A. (2018). Analisis Perbandingan Antara Blogger Dan Google sites.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

UTAMI, R. P. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 394–401. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.400