PENERAPAN ASSESSMENT FOR LEARNING DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI KELAS 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380Keywords:
Assessment For Learning, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Siswa Sekolah DasarAbstract
Penerapan kurikulum merdeka pada tahun 2022 memunculkan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka ini dikembangkan berdasarkan tema tertentu. Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel, baik muatan, waktu serta bentuk asesmennya. Salah satu tema dalam Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) adalah tema gaya hidup berkelanjutan topik Cermat Memilah Sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan assessment for learning dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan topik Cermat Memilah Sampah di kelas 1 SD. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis soal LKPD. Data yang digunakan adalah hasil pengerjaan LKPD pada projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal LKPD pada projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan topik Cermat Memilah Sampah ini kategori sederhana karena dikerjakan oleh siswa kelas 1 UPT Satuan Pendidikan SDN Tanjungsari 1 yang berjumlah 27 siswa. Soal LKPD sebagai assessment for learning yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Dengan assessment for learning guru dapat memberikan umpan balik terhadap proses belajar siswa, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajarnya.
Downloads
References
Budiyono. (2018). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.
Clarke, S. (2005). Formative assessment in the secondary classroom. London: Hodder Muray.
Harsiati, Titik. 2018. Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera Volume 17, Nomor 1, Maret 2018 diakses 12 Desember 2022
Johnson, D. W & Johnson, R.T. (2002). Meaningful Assessment: A Manageable and Cooperative Process. Boston: Pearson Education company.
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran
Palomba, C. and Banta, T.W. (1999) Assessment Essentials: Planning, Implementing, and Improving Assessment in Higher Education. Jossey-Bass, Inc., San Francisco.
Stiggins, R. & Chapuis, J. (2006). What a difference a word makes: Assessments for learning rather than assessment of learning helps students succeed. Diambil dari 10 Desember 22
Wiliam, Dylan. 2011. What is assessment for leaning? https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0191491X11000149. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2011.03.001 diakses 12 Desember 2022
Young, E. (2005). Assessment for learning: Embedding and extending. Diambil dari http://itscotland.org.uk/assess/for/index.asp pada 5 Desember 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.