ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KRITIS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • RIRIN PUJI UTAMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.375

Keywords:

Analisis, Tingkat Berpikir Kritis, Soal Pas Matematika

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu skill yang harus dikembangkan pada abad 21. Keterampilan ini termuat dalam kompetensi dasar yang dilatihkan dalam pembelajaran.. Berpikir kritis dapat diuji dalam berbagai kegiatan di sekolah, salah satunya adalah melalui kegiatan penilaian akhir semester (PAS). PAS adalah salah satu bentuk evaluasi berisi soal-soal yang dilakukan oleh sekolah untuk mengetahui seberapa besar daya serap kompetensi dasar yang telah dibelajarkan selama satu semester atau 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir kritis pada soal-soal PAS  Matematika kelas VI Sekolah Dasar. Sumber data yang digunakan yaitu soal-soal PAS I tahun ajaran 2022/2023 di SDN Tunge 2 Kecamatan Wates kabupaten Kediri Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan kerangka analisis. Kerangka analisis berupa indikator berpikir kritis berdasarkan Watson Gletser dan Jacob. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis soal-soal pas I Matematika tersebut berada pada kategori sedang dengan persentase 58%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiyub, S., Fatimah, S., & Kusnandi. (2021). Investigation of Watson-Glaser critical thinking skills of junior high school students in solving mathematical problems. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). Journal of Physics: Conference Series, 1806(1).

Fidelia, N., Kosasih, E., & Hamdu, G. (2017). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Penelitian terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 169–177.

Fountzoulas, G. K., Koutsouba, M. I., & Nikolaki, E. (2019). Critical Thinking and Its Assessment. A Literature Review with Special Reference in Greece and Cyprus, 6(2), 70–80.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). CRITICAL THINKING SKILL: KONSEP DAN INIDIKATOR PENILAIAN. JURNAL TAMAN CENDEKIA , 01(2).

Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET A. PENDAHULUAN (Vol. 3, Issue 1). Januari-Juni.

Idrus, L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. ADAARA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2).

Jacob, S. M., & Sam, H. K. (2008). Measuring Critical thinking in Problem Solving through Online Discussion Forums in First Year University Mathematics. Lecture Notes in Engineering and Computer Science. I, 19–21.

Krippendorff, K. (2013). Content Analysis. An Introduction to Its Methodology (3rd ed). Sage Publications.

Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about critical thinking among indonesian mathematics pre-service teachers. . International Journal of Instruction, 12(1).

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Ni’mah, N. (2022). ANALISIS INDIKATOR BERPIKIR KRITIS TERHADAP KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM KURIKULUM 2013 . Anterior Journal, 22, 118–125.

Nursyifa, H. S., Abdul Muiz Lidinillah, D., & Kosasih, E. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Soal HOTS Materi Geometri dalam Buku Teks Matematika Kelas IV SD (Vol. 7, Issue 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Shoop, B. L. (2014). Developing Critical Thinking , Creativity and Innovation Skills of Undergraduate Students (Invited Paper) Developing Critical Thinking , Creativity and Innovation Skills of Undergraduate Students (Invited Paper). Proc. of SPIE, 9289 92890(1).

Utari, R., & Madya, W. (2011). Taksonomi Bloom. Pusdiklat KNPK, 1–7.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

UTAMI, R. P. (2023). ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KRITIS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 336–343. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.375