PENDEKATAN STEM BERBASIS PROJEK PADA MATERI SEL VOLTA DARI BAHAN ALAMI UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN 4C DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.263Keywords:
STEM, Keterampilan 4cAbstract
Pembelajaran Abad 21 diarahkan untuk memotivasi dan menginspirasi peserta didik agar dapat memasuki profesi science dan engineering, bidang profesi yang secara langsung berhubungan dengan kehidupan nyata. Pembelajaran Abad ke-21 perlu lebih berkontribusi pada pengembangan 4 C (critical thinking, creative, collaborative, dan communicative) atau kemampuan berpikir kritis, kreatif dalam memecahkan masalah, kolaborasi dan komunikatif. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengisyaratkan memberi ruang bagi pengembangan dan implementasi pendidikan modern seperti model IBL dan pendekatan pendidikan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathemeatics). Sains, Teknologi, Enginering dan Matematika atau STEM adalah pendekatan interdisiplin pada pembelajaran, yang memberikan ruang bagi pengembangan pemikiran kritis, kreativitas, inovasi, dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan nyata dan di dalamnya peserta didik menggunakan sains, teknologi, enjinering, dan matematika dalam konteks nyata yang mengkoneksikan antara sekolah, dunia kerja, dan dunia global, sehingga mengembangkan literasi STEM yang memampukan peserta didik bersaing dalam era ekonomi baru yang berbasis pengetahuan dalam menghadapi tantangan abad 21. Harry Firman (2015) menyatakan bahwa Pendidikan STEM memberikan peluang guru untuk menunjukkan kepada peserta didik bagaimana konsep, prinsip, dan teknik dari sains, teknologi, enjiniring, dan matematika digunakan secara terintegrasi dalam pengembangan produk, proses, dan sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Pendekatan Pembelajaran Stem Dengan Model Pjbl Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225
Bowel, Tracy & Kemp, Garry. (2010). Critical Thinking: A Consice Guide. New York: Routledge.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2),238–252.
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Harry Firman. 2015. Pendidikan Sains Berbasis Stem: Konsep, Pengembangan,Dan Peranan Riset Pascasarjana. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525
https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-numerasi/. Diakses pada pukul 19.00 WIB tanggal Juli 2021
Nailul Khoiriyah, Abdurrahman Abdurrahman, & Ismu Wahyudi. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53–62. https://eresources.perpusnas.go.id:2108/10.12928/jrkpf.v5i2.9977.
Nasrah, Amir, R. H., & Purwanti, Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam ( Science , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ) Pada. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 6(1), 1–13.
Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains : Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 24-31 hlm. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/ article/view/9810), diakses Juli 2021
Permendikbud No 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rustaman, N., Firman, H., dan Kardiawarman. (2004). Ringkasan Eksekutif: Analisis PISA Bidang Literasi Sains. Puspendik
Sanders, M. (2009). STEM, STEM education, STEMmania. The Technology Teacher, 68(4), 20- 26.
Sugiyono. (2016).Metodologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yayu Sri Rahayu, Arrita Megadomani.2019. Unit Pembelajaran Pembangkit Listrik Bahan Sehari-hari. P4TK IPA Bandung.
Wang, H., Moore, T., Roehrig, G., & Park, M. (2011). Integrasi STEM: Persepsi dan praktik guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Pra-Perguruan Tinggi, 1(2), 1-13.
Yuliati, & Lestari. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.