PENDEKATAN STEM BERBASIS PROJEK PADA MATERI SEL VOLTA DARI BAHAN ALAMI UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN 4C DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Authors

  • Syarifah Rukayah Indra Melina SMA Negeri 4 Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.263

Keywords:

STEM, Keterampilan 4c

Abstract

Pembelajaran Abad 21 diarahkan untuk memotivasi dan menginspirasi peserta didik agar dapat memasuki profesi science dan engineering, bidang profesi yang secara langsung berhubungan dengan kehidupan nyata. Pembelajaran Abad ke-21 perlu lebih berkontribusi pada pengembangan 4 C (critical thinking, creative, collaborative, dan communicative) atau kemampuan berpikir kritis, kreatif dalam memecahkan masalah, kolaborasi   dan komunikatif.  Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengisyaratkan memberi ruang bagi pengembangan dan  implementasi pendidikan modern seperti model IBL dan pendekatan pendidikan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathemeatics). Sains, Teknologi, Enginering dan Matematika atau STEM adalah pendekatan interdisiplin pada pembelajaran, yang memberikan ruang bagi pengembangan pemikiran kritis, kreativitas, inovasi, dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan nyata dan di dalamnya peserta didik menggunakan sains, teknologi, enjinering, dan matematika dalam konteks nyata yang mengkoneksikan antara sekolah, dunia kerja, dan dunia global, sehingga mengembangkan literasi STEM yang memampukan peserta didik bersaing dalam era ekonomi baru yang berbasis pengetahuan dalam menghadapi tantangan abad 21. Harry Firman (2015) menyatakan bahwa Pendidikan STEM memberikan peluang guru untuk menunjukkan kepada peserta didik bagaimana konsep, prinsip, dan teknik dari sains, teknologi, enjiniring, dan matematika digunakan secara terintegrasi dalam pengembangan produk, proses, dan sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Pendekatan Pembelajaran Stem Dengan Model Pjbl Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225

Bowel, Tracy & Kemp, Garry. (2010). Critical Thinking: A Consice Guide. New York: Routledge.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2),238–252.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Harry Firman. 2015. Pendidikan Sains Berbasis Stem: Konsep, Pengembangan,Dan Peranan Riset Pascasarjana. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-numerasi/. Diakses pada pukul 19.00 WIB tanggal Juli 2021

Nailul Khoiriyah, Abdurrahman Abdurrahman, & Ismu Wahyudi. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53–62. https://eresources.perpusnas.go.id:2108/10.12928/jrkpf.v5i2.9977.

Nasrah, Amir, R. H., & Purwanti, Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam ( Science , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ) Pada. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 6(1), 1–13.

Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains : Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 24-31 hlm. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/ article/view/9810), diakses Juli 2021

Permendikbud No 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rustaman, N., Firman, H., dan Kardiawarman. (2004). Ringkasan Eksekutif: Analisis PISA Bidang Literasi Sains. Puspendik

Sanders, M. (2009). STEM, STEM education, STEMmania. The Technology Teacher, 68(4), 20- 26.

Sugiyono. (2016).Metodologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yayu Sri Rahayu, Arrita Megadomani.2019. Unit Pembelajaran Pembangkit Listrik Bahan Sehari-hari. P4TK IPA Bandung.

Wang, H., Moore, T., Roehrig, G., & Park, M. (2011). Integrasi STEM: Persepsi dan praktik guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Pra-Perguruan Tinggi, 1(2), 1-13.

Yuliati, & Lestari. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Melina, S. R. I. (2022). PENDEKATAN STEM BERBASIS PROJEK PADA MATERI SEL VOLTA DARI BAHAN ALAMI UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN 4C DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 613–619. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.263