APAKAH STRATEGI PERUSAHAAN MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN BUMN?

Authors

  • Zulfan Fasya Universitas Pendidikan Indonesia
  • R. Nelly Nur Apandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Widarsono Univesitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2468

Keywords:

Strategi Perusahaan, Kinerja Keuangan, BUMN

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah mencapai keuntungan sebanyak mungkin. Tingkat keuntungan yang optimal tercermin melalui performa keuangan perusahaan tersebut. Salah satu sektor perusahaan yang mementingkan kinerja perusahaan adalah sektor BUMN. BUMN sering menjadi pusat perhatian kritis masyarakat, dengan pandangan bahwa mereka tidak efisien dalam mengelola sumber daya, rentan terhadap praktik korupsi, dan memiliki tingkat profitabilitas yang rendah. Kinerja BUMN yang tidak memuaskan tidak boleh terus-menerus dibiarkan, karena hal tersebut dapat menyebabkan ketertinggalan dan sulit bersaing dengan perusahaan swasta sejenis. BUMN harus mempertahankan perannya sebagai penyedia barang dan jasa berkualitas untuk kebutuhan masyarakat.  Dalam rangka lebih mengoptimalkan peran BUMN tersebut, diperlukan strategi – strategi efektif yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan BUMN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu statistik berupa software SPSS (Statistical Program for Social Science) 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan BUMN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian BUMN. Availabe at https://www.bumn.go.id/

Aprilina, V. (2013). Dampak Privatisasi Pada Kinerja Keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Di Indonesia. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 4(1), 1–12.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Membelah Tekhnik Kasus Bisnis Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jama‘an, J. A. (2008). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Publik Di BEJ) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Jesmin, I., & Hui, H. (2012). A review of literature on contingency theory in managerial accounting. African journal of business management, 6(15), 5159-5164.

Agnes Sawir. 2003. Analisis Kinerja Keuangan Dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.

Suharsimi Arikunto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputro, L. M. (2018). Pengaruh Privatisasi Terhadap Kinerja Badan Usaha Milik Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.Negara (BUMN) di Indonesia.

Soepardi, E. M. (2005). Pengaruh Perumusan Dan Implementasi Strategi Terhadap Kinerja Keuangan (Survei Pada Bumn Yang Menderita Kerugian). MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 21(3), 440–452.

Wardani, D. K., & Khoiriyah, D. (2018). Pengaruh strategi bisnis dan karakteristik perusahaan terhadap penghindaran pajak. Akuntansi dewantara, 2(1), 25-36.

Peppard, J., & Ward, J. (2016). The strategic management of information systems: Building a digital strategy. John Wiley & Sons.

Chenhall, R. H., & Moers, F. (2007). The issue of endogeneity within theory-based, quantitative management accounting research. European Accounting Review, 16(1), 173-196.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Fasya, Z., Apandi, R. N. N., & Widarsono, A. (2024). APAKAH STRATEGI PERUSAHAAN MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN BUMN?. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(4), 1963–1971. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2468