UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA MATA PELAJARAN TEMATIK TEMA 7. ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUB TEMA 2. PERUBAHAN ENERGI PEMBELAJARAN 5 DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN KALI
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1395Keywords:
Model Pembelajaran, Jigsaw, Peningkatan Hasil Belajar, Tematik Tema Energi dan PerubahannyaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN KALIASIN V pada pembelajaran Tematik Tema 7 Energi dan Perubahannya SubTema 2 Perubahan Energi pembelajaran 5. Guru sangat dominan dan aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berkurang atau cenderung pasif. Akibatnya berdampak pada kondisi siswa yang mudah bosan dan lebih memilih bermain sendiri dari pada memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada proses pembelajaran Tematik Tema 7. Energi dan Perubahannya SubTema 2 Perubahan Energi pembelajaran 5 di kelas III SDN Kaliasin V Surabaya? 2) Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar tematik tema energi dan perubahan subtema perubahan energi di kelas III SDN Kaliasin V Surabaya? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitiian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kaliasin V Surabaya. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: Terdapat peningkatan hasil belajar pada Siswa di kelas III SDN Kaliasin V Surabaya setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata peserta Tematik Tema 7 Energi dan Perubahannya SubTema 2 Perubahan Energi pembelajaran 5 pada siklus I yang mendapatkan nlai 64 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi nilai 84 dengan prosentase 80% pada siklus II. Terbukti dari nilai rata-rata Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester peserta didik mata pelajaran Tematik Tema 7 Energi dan Perubahannya SubTema 2 Perubahan Energi pembelajaran 5 pada siklus I 70 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 85 dengan prosentase 80% pada siklus II. Terbukti dari nilai rata-rata rata peserta didik mata pelajaran Tematik Tema 7 Energi dan Perubahannya SubTema 2 Perubahan Energi pembelajaran 5 pada siklus I nilai 74 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 92 dengan prosentase 100% pada siklus II. Terbukti dari nilai rata-rata rata peserta didik hasil evaluasi subtema Sumber Energi pada siklus I 77,2 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 85,92 dengan prosentase 88% pada siklus II.
Downloads
References
Anurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. (Bandung: Alfabeta)
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya) Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya) Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: GP Press Group)
Hasil nilai kegiatan pembelajaran 6 tema Energi dan Perubahannya subtema Sumber Energi pembelajaran 3, Kelas III, Selasa 19 Februari 2019, di SDI Sabilil Falah Sidoarjo, 16.00 WIB
Hasil Wawancara dengan Lucky Ayuni Sunaryanti, Guru Kelas III SDI Sabilil Falah, pada tanggal 19 February 2019
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT Rosda Karya) Nadlir, perkuliahan mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas semester 6
Nur, Faiza Wedari. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sdn Bulusidokare”, PGSD FIP Ubiversitas Negeri Surabaya, JPGSD. Vol. 02 No. 02,
Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni, INOVASI MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016)
Nurdyansyah dan Fariyatul Fahyuni Eni. 2016. INOVASI MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013, (Surabaya: Nizamial Learning Center)
Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, Ayat 1
Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, (Bandung: Alfabeta)
Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian (Jakarta : Raja Grafindo Persada)
Sanjaya, Wina. 2009 Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group)
Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian dalam teori dan praktek, (Jakarta: Rineka Cipta)
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar (Bandung: PT Remaja Rosda Karya)
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta)
Sukardi, M. 2013. metode penelitian pendidikan tindakan kelas, (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif Kognitif Dan Psikomotor, (Jakarta: PT Raja Grafindo)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UndangUndang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
Widoyoko, Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Yuliawati, Fitri, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional, (Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.