PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Akhmad Berkatillah SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI
  • Ahmad Baihaqi SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI
  • Akhmad Aulia Rahman SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1323

Keywords:

Motivasi, Kompensasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Peranan sumber daya manusia merupakan salah satu faktor utama yang sangat penting dalam organisasi, Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Hulu Sungai Utara masih kurangnya komunikasi antara pimpinan dengan pegawai yang menyebabkan pegawai tidak termotivasi sehingga mereka tidak bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan dan kinerja yang dihasilkan tidak maksimal. Kurangnya kompensasi seperti upah yang didapat tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan, kurangnya cuti disertai dengan bekerja lembur yang mengakibatkan kinerja para pegawainya kurang memuaskan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

            Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, dokumentasi, observasi. Sumber data diambil melalui penarikan sampel secara Total Sampling berjumlah 43 orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, Koefesien Determinasi Hasil penelitian dan pembahasan mengenai analisis pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha kecil menengah Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan menggunakan model regresi linear berganda, Untuk variabel Motivasi (X1) terhadap kinerja (Y) menunjukkan nilai thitung 3,233 > ttabel 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 terhadap Y. Untuk variabel Kompensasi (X2) terhadap kinerja (Y) menunjukkan nilai thitung 2,505 > ttabel 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y. Untuk variabel Motivasi (X1) dan Kompensasi (X2) terhadap kinerja (Y) menunjukkan nilai fhitung 9,33 > ftabel 3,22 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Untuk Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Hulu Sungai Utara lebih tegas dalam memberikan sanksi kepada pegawai yang melakukan pelanggaran misalnya pegawai yang telat dan sering keluar dengan alasan tidak jelas diberikan sanksi dan untuk pegawai diharapkan lebih meningkatkan kinerjanya lagi dan terus mengembangkan diri untuk menghasilkan pekerjaan yang baik, memuaskan, dan sesuai dengan harapan instansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.

Anonim. 2020. Tim Pedoman Penyusunan dan Penulisan Sripsi Sarjana Strata 1 (S1) (edisi revisi). Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai.

Anggara, Sahya. 2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Badriyah, Mila. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Prenhallindo.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Peneitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hasibuan, H.Melayu. 2016. Organisasi dan Motivasi DasarPeningkatan Produktivas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Poly Endayanto, V.Wiratna Sujarweni. 2012. Statistika Untuk Peneltian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi: Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group (Devisi Kencana).

Suyatna, Agus. 2017. Uji Statistik Berbantuan SPSS untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Wirawan, 2008. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia . Jakart: Salemba Empat.

Yuniarsih, Tjutju dan Suwanto. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Sumber lainya :

Binsar Tua Pasaribu Roni,2017.Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Perusahaan Taruna Jaya). Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hidayat Rahmat, 2020. Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap kinerja Karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia. Medan, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Berkatillah, A., Baihaqi, A., & Rahman, A. A. (2023). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3005–3015. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1323