MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESENTREN

Authors

  • Muh Zainudin STAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1028

Keywords:

Manajemen, Pesantren

Abstract

Pesantren merupakan lembaga non formal yang bertujuan untuk mendidik dan melatih santri agar memiliki keyakinan agama yang diajarkan oleh kiai melalui pembelajaran kitab kuning dan kegiatan-kegiatan yang menunjang kebutuhan santri. Pesantren merupakan salah satu lembaga non formal di Indonesia yang selalu berkontribusi dalam mendidik dan membangun karakter bangsa. Pendidikan pesantren memadukan pembelajaran dari berbagai aspek, baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Pendidikan pesantren bertujuan untuk meningkatkan karakter santri, pembelajaran yang dilakukan pondok pesantren mengacu pada al-qur an dan al-hadis yang kemudian dijadikan dasar pembuatan kurikulum pesantren yang fleksibel. Untuk mewujudkan tujuan tersebut pesantren dalam melaksanakan pendidikannya menggunakan metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan, motivasi, reward and punishment yang dilakukan oleh pesantren. Pengelolaan yang dilakukan oleh pondok pesantren berdasarkan hasil penelitian masih bersifat mono, dimana semua kegiatan yang dilakukan oleh pondok pesantren bersumber dari para pengasuh pesantren. Oleh karena itu pesantren sering mengalami kesalahan dalam menjalankan tugasnya, seperti dalam hal komunikasi dan proses pengambilan keputusan. Meskipun demikian, para pengasuh pesantren dalam melaksanakan pendidikannya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk memajukan pesantrennya ke arah yang lebih baik, hal ini terlihat dari kebijakan-kebijakan yang diambil oleh para pengasuh pesantren dalam hal mendidik, membimbing dan membina para guru, menyediakan sarana dan prasarana, membuat program-program, menyusun agenda kegiatan dan menyediakan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI. “Petunjuk Teknis Pondok Pesantren”. Jakarta (2004) : 140.

Dhuhani. Elfridawati Mai. “Manajemen Pondok Pesantren ; Studi Pengelolaan Santri”, Jurnal Fikratuna 9, No. 1 (2018) : 59

Manulang, M. “Dasar-Dasar Manajemen” Yogyakarta: Gajah Mada University Press (2009) : 4

Usman, Husaini. “Manajemen, Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan”. Jakarta: PT Bumi Aksara, (2011) : 5.

Pandu, Yudha.” Undang-Undang Yayasan, Cetakan Kedua”, Jakarta: Indonesia Legal Center Publishing, (2007) : 2-3.

Stoner J.A.F. and Freeman, R.E, “Management” New Jersey: Pentice-Hall Inter-national Editions (2000) : 5

Sagala, Syaiful. “Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan” Bandung: Alfabeta (2011) : 56-67

Saifuddin, Ahmad Janan. “Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren”, Jurnal Manageria : Manajemen Pendidikan Islam 1, No. 2 (2016) : 359-362

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Zainudin, M. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESENTREN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2140–2147. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1028