https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/memace/issue/feed MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing 2025-01-13T14:05:48+00:00 Hendri memace@nusantaraglobal.ac.id Open Journal Systems <p><strong>MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing</strong> is an journal containing research articles in several fields, namely: (1) teaching Indonesian language and local, regional and foreign languages; (2) Indonesian, regional and foreign linguistics; and (3) Indonesian, regional and foreign literature. <em>MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing</em> can be reserved for researchers, academics, professionals, practitioners, and students to deliver the results of his research in the form of research articles.</p> <p><em>MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing</em> can have <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230324340027516" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN 2986-7193</a></strong>. First published in March 2023 by Indonesian Language Education Program, Institut Pendidikan Nusantara Global. <em>MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Asing</em> will regularly be published four times a year in March, June, September, and December. </p> https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/memace/article/view/3358 Kajian Stilistika : Analisis Gaya Bahasa pada Lirik Lagu dalam Album "Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan" Karya Bernadya 2024-12-02T07:16:31+00:00 Carissa Arlya Puteri carissaarlyaaa@gmail.com Iqlima Aulia Arimbi iqlimaaulia29@gmail.com Ayesha Nabila Raisa ayeshaanabila@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu dari album “Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan” yang ditulis oleh Bernadya. Dengan menerapkan pendekatan stilistika, penelitian ini mengidentifikasi beragam gaya bahasa yang terdapat dalam album ini, yang terdiri dari delapan lagu bertema romansa melankolis. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan dalam bentuk transkrip lirik lagu dan dianalisis menggunakan perangkat lunak NVivo 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan terdiri dari: (a) berdasarkan pilihan kata, sebagian besar menggunakan bahasa percakapan, (b) berdasarkan nada, mayoritas menggunakan nada yang mulia dan energik, (c) berdasarkan struktur kalimat, antitesis menjadi yang paling dominan, dan (d) berdasarkan langsung atau tidaknya makna, gaya bahasa retoris paling banyak menggunakan asonansi, sementara gaya bahasa kiasan yang paling sering muncul adalah ironi, sinisme, dan sarkasme. Temuan ini menunjukkan adanya variasi gaya bahasa yang digunakan dalam album tersebut, yang menambah kedalaman makna dan keindahan estetika lirik lagu.</p> 2024-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Carissa Arlya Puteri, Iqlima Aulia Arimbi, Ayesha Nabila Raisa https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/memace/article/view/3477 THE EFFECT OF SOCIAL INTERACTION ON NEGATIVE VOCABULARY ACQUISITION IN 6-YEAR-OLD CHILDREN 2024-12-18T13:50:20+00:00 Dewi Wulandari dewiwulandari2342004@gmail.com <p>This study aims to describe how social interaction affects the acquisition of negative vocabulary in 6-year-old children. This research was conducted using descriptive qualitative method. The subject in this study is a 6-year-old boy. The data in the study are negative vocabulary utterances produced by 6-year-old children. The data collection technique applied in this research is direct observation through interviews. The results show that children who communicate less with parents and interact more with the outside environment tend to use more negative vocabulary. Environmental factors, such as home, school, and playground, play an important role in this process. Therefore, it is important for parents and educators to create a conducive environment and provide positive social stimulus to support children's healthy language development.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dewi Wulandari https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/memace/article/view/3519 KAJIAN TEKNIK PENERJEMAHAN LAGU “KUN ANTA” VERSI BAHASA INDONESIA : ANTARA KEAKURATAN DAN KEINDAHAN 2024-12-30T10:23:22+00:00 Lutfiah Rahmah lutfiahrahmah13@upi.edu Nunung lutfiahrahmah13@upi.cedu Safira Nur Rizqina lutfiahrahmah13@upi.cedu Rinaldi Supriadi lutfiahrahmah13@upi.cedu Mohamad Zaka Al Farisi lutfiahrahmah13@upi.cedu <p>Penelitian ini menganalisis teknik penerjemahan lirik lagu "Kun Anta," ciptaan Humood Alkhuder yang dipopulerkan pada 2015 dan dirilis dalam versi Bahasa Indonesia pada 2016. Penelitian berfokus pada teknik penerjemahan yang digunakan untuk menjaga keakuratan dan keindahan terjemahan lirik lagu tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data primer berupa lirik asli dalam Bahasa Arab dan versi terjemahannya, serta data sekunder dari teori penerjemahan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan berbagai teknik penerjemahan, yaitu adaptasi (3 data), modulasi (3 data), reduksi (1 data), kombinasi adaptasi-reduksi (3 data), terjemahan literal (2 data), dan kombinasi reduksi-amplifikasi (1 data). Teknik adaptasi dan modulasi digunakan untuk menyesuaikan makna dan gaya dengan audiens, sedangkan reduksi dan literal membantu menjaga keakuratan dan ritme lagu. Penerapan teknik-teknik ini menunjukkan bagaimana terjemahan dapat menyampaikan pesan yang relevan secara budaya dan estetika tanpa kehilangan esensi teks asli. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami strategi penerjemahan lirik lagu lintas budaya.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Lutfiah Rahmah https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/memace/article/view/3536 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEGIATAN PRAKTIKUM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA 2025-01-03T15:01:51+00:00 Niken Oktaviani niken.oktaviani@polimedia.ac.id Nabilla Rida Tri Nisa nabilla.nisa@polimedia.ac.id Yayang Ade Suprana ade.suprana@polimedia.ac.id Try Annisa Lestari try.lestari@polimedia.ac.id <p>This study aims to determine the influence of learning models and practicum activities on students' conceptual understanding, as well as to examine the interaction between learning models and practicum activities on students' conceptual understanding. The research was conducted using a quantitative descriptive method with a 3x2 factorial experimental design, and the data were analyzed using two-way ANOVA to identify differences in variance between two treatment groups. Based on the analysis results, it can be concluded that there is an effect of learning models on students' conceptual understanding. However, there is no effect of conducting practicum activities either at the beginning or at the end of the learning process on students' conceptual understanding. Additionally, there is no interaction between learning models and practicum activities, as practicum activities are considered part of the learning model. The discrepancy between the results and theoretical expectations is influenced by several factors, including students' initial understanding and skills in conducting practicum activities. Furthermore, inaccurate time estimation in executing each step of the learning syntax also contributed to these findings.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Niken Oktaviani, Nabilla Rida Tri Nisa, Yayang Ade Suprana, Try Annisa Lestari https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/memace/article/view/3554 REPRESENTASI ALAM DAN IDENTITAS PEREMPUAN DALAM NOVEL"GADIS PANTAI": PENDEKATAN EKOFEMINISME 2025-01-13T14:05:48+00:00 Rozita Ezlinda ezlindaezlinda@gmail.com Alpan Ahmadi alpanahmadi@nusantaraglobal.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi alam dan identitas perempuan dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis naratif. Data dalam penelitian ini meliputi representasi alam dan identitas perempuan, sementara sumber data utamanya adalah novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer yang dianalisis melalui pendekatan ekofeminisme. Data diperoleh dengan cara membaca novel secara mendalam dan mencatat bagian-bagian yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alam dalam novel ini tidak hanya berfungsi sebagai latar, tetapi juga sebagai simbol yang kuat untuk menggambarkan penindasan terhadap perempuan serta kekuatan yang membatasi hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis naratif untuk mengkaji interaksi antara karakter utama, Gadis Pantai, dan alam sekitarnya. Temuan menunjukkan bahwa alam dalam Gadis Pantai merepresentasikan identitas perempuan yang terpinggirkan dan melambangkan perjuangan mereka melawan dominasi patriarki</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rozita Ezlinda, Alpan Ahmadi