PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VII MTS NW TEBABAN
Keywords:
Model, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Sejauh ini proses pembelajaran IPA Terpadu di MTs NW Tebaban cenderung kurang mengaktifkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Disebabkan karena kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi mudah bosan dan kurang aktif dalam belajar. Dalam hal ini, peneliti ingin menerapkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA Terpadu di kelas VII MTs NW Tebaban. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs NW Tebaban yang berjumlah 24 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan Soal Tes yang dianalisis menggunakan Mean dan Presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu di kelas VII MTs NW Tebaban. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dengan nilai rata-rata 70,20 meningkat menjadi 75,41. Sedangkan untuk presentasenya dari 75% meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria tuntas.